Kuta, Bali (ANTARA) - Pemain Persib Bandung Nick Kuipers menilai penerapan video perbantuan untuk wasit (Video Assistant Referee/VAR) yang akan digunakan perdana pada semifinal Liga 1 Indonesia 2023/2024 menambah nilai sepak bola Indonesia seperti kompetisi di Eropa.

“VAR ini sesuatu yang bagus dan positif untuk sepak bola Indonesia seperti di Eropa, banyak kondisi penting dicek melalui VAR,” kata Kuipers di sela jumpa pers H-1 melawan Bali United di Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Senin.

Pemain asal Belanda itu pun menilai penerapan VAR akan memberikan manfaat yang krusial kepada tim di lapangan saat momentum penting misalnya laga semifinal yang menentukan langkah lanjutan menuju final.

Bek Maung Bandung itu pun mengharapkan teknologi tersebut memberikan keadilan dan transparansi dalam setiap pertandingan sehingga dapat memberikan bantuan untuk keputusan wasit.

“Ini hal yang positif VAR dimasukkan dalam pertandingan dan harapannya ke depan digunakan untuk pertandingan lebih adil dan bersih, meningkatkan sepak bola Indonesia,” imbuh mantan bek klub Belanda Emmen FC dan Ado Den Haag itu.

Laga semifinal yang mempertemukan Bali United melawan Persib Bandung menjadi ajang istimewa karena menjadi laga perdana dengan pemanfaatan teknologi VAR.

Maung Bandung dijadwalkan menantang tim tuan rumah dengan julukan Serdadu Tridatu di Bali United Training Center, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali, pada Selasa (14/5) pukul 20.00 Wita.

Baca juga: Bali United berharap VAR percepat wasit ambil keputusan

Sebelumnya, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir memastikan VAR mulai digunakan pada babak Championship Series Liga 1 Indonesia 2023/2024.

Erick yang juga Menteri BUMN itu menambahkan untuk mengalokasikan VAR perlu anggaran yang tidak sedikit yakni mencapai lebih dari Rp100 miliar.

“VAR itu perlu uang Rp100 miliar lebih. Dana sudah ada di Liga yang selama ini PSSI banyak menggunakan keuangan Liga. Kami sekarang ini tidak, makanya Liga-nya sehat, makanya bisa (adakan) VAR,” imbuhnya di Denpasar, Minggu (12/5).

VAR akan membantu wasit mengambil keputusan yang tepat misalnya terkait gol, kartu merah, penalti, dan pelanggaran yang terjadi di lapangan.

Baca juga: Madura United sambut baik penggunaan VAR pada Championship Series
Baca juga: Bojan sambut baik penggunaan VAR pada babak Championship Series


Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024