Tanjungpandan (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memeriksa koper dan barang bawaan sebanyak 62 calon jamaah haji asal daerah itu sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci.

"Kami melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan calon jamaah haji Belitung menjelang keberangkatan ke Tanah Suci," kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Belitung, Suyanto di Tanjung Pandan, Senin.

Menurut dia, pemeriksaan tersebut dilakukan agar para calon jamaah haji asal daerah itu tidak membawa barang berbahaya yang dilarang dalam ketentuan penerbangan.

Ia mengatakan Kemenag Belitung telah membagikan koper kepada sebanyak 62 calon jamaah haji asal daerah itu.

Baca juga: IPHI Belitung sarankan jamaah jaga nilai haji 

Baca juga: 111 Jamaah haji Belitung dijadwalkan tiba di Tanah Air pekan depan

Masing-masing calon jamaah haji asal daerah itu menerima tiga koper terdiri dari koper besar, koper kabin, dan tas paspor.

"Koper tersebut nantinya akan diserahkan oleh jamaah kepada kami untuk ditimbang sebelum diantar ke bandara untuk dikirim sehari sebelum keberangkatan," ujarnya.

Ia mengimbau, para calon jamaah haji di daerah itu tidak membawa barang-barang berbahaya yang dilarang dalam penerbangan seperti benda tajam, mudah terbakar, dan mudah meledak.

"Karena tahun lalu ditemukan ada yang membawa penanak nasi (rice cooker), minyak goreng, pisau maka kami imbau agar jamaah tidak membawa barang-barang tersebut," katanya.

Dikatakan dia, sebanyak 62 calon jamaah haji asal Belitung akan dilepas pada, Rabu (15/5) mendatang, di ruang sidang Pemkab Belitung.

Para calon jamaah asal daerah itu akan bertolak dari Belitung menuju asrama haji Pangkalpinang pada Jumat (17/5).

Selanjutnya para jamaah akan menginap semalam di asrama haji Pangkalpinang sebelum keesokan harinya pada, Sabtu (18/5), terbang menuju bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang.

"Kemudian pada, Sabtu (18/5) malam calon jamaah haji Belitung akan bertolak ke Jeddah, Arab Saudi menggunakan maskapai Saudia Airlines," ujarnya.*

Baca juga: Pj Gubernur Babel lepas keberangkatan 80 calhaj kuota tambahan

Baca juga: Tunaikan ibadah haji, ASN Belitung-Babel ambil cuti besar

Pewarta: Kasmono-Apriliansyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024