Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melantik lima anggota KPU dari Kota Padang, Sumatera Barat periode 2024—2029.

Pelantikan dipimpin oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta, Senin.

"Sebelum saya mengambil sumpah, saya ingin bertanya, apakah saudara bersedia diambil sumpah?" tanya Hasyim.

"Bersedia," jawab para anggota KPU Kota Padang yang akan dilantik.

Hasyim mengingatkan sumpah yang akan diucapkan para KPU daerah mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara. Lalu, tanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

"Sumpah ini adalah janji terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran," jelas Hasyim.

Hasyim kemudian membimbing anggota KPU membacakan sumpahnya. Anggota KPU daerah pun tampak mengulangi ucapan Hasyim.

"Untuk yang beragama Islam demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi tugas dan kewajiban saya sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum Kota Padang, Provinsi Sumatra Barat periode 2024-2029, dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila, dan UUD Negara Republik Indonesia 1945. Bahwa saya, dalam menjalankan tugas dan wewenang akan bekerja dengan sungguh-sungguh, jujur, adil dan cermat demi suksesnya pemilihan umum anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Presiden dan Wakil Presiden, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Tegaknya demokrasi dan keadilan, serta mengutamakan kepentingan Negara Kesatuan Republik Indonesia, daripada kepentingan pribadi atau golongan," ujar Hasyim dan diikuti anggota KPU Provinsi.

Adapun 5 anggota KPU dari Kota Padang, Sumatra Barat periode 2024—2029 yang dilantik pada hari Senin, yaitu:

1. Arianto
2. Arset Kusnadi
3. Dorri Putra
4. Jefri Hariyanto
5. Randy Adi Tama

Baca juga: KPU RI: Caleg terpilih tak wajib mundur bila ikut Pilkada 2024

Baca juga: KPU RI melantik KPU Provinsi Maluku Utara periode 2024-2029

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024