Selain bantuan bibit, Kementerian Pertanian juga memberikan bantuan traktor serta kambing peranakan etawa (PE),
Mamuju (ANTARA) - Kementerian Pertanian (Kementan) menyerahkan bantuan bibit kopi, kakao, padi, jagung, dan kelapa untuk ditanam pada lahan seluas 11 ribu hektare di Provinsi Sulawesi Barat.

"Selain bantuan bibit, Kementerian Pertanian juga memberikan bantuan traktor serta kambing peranakan etawa (PE)," kata Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sulbar Herdin Ismail, melalui rilis yang diterima Antara di Mamuju, Senin.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman kepada mantan Penjabat Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh, didampingi Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sulbar Herdin Ismail, di Kantor Kementan, di Jakarta, Senin.

Baca juga: Kementan salurkan bantuan sarana pertanian Rp324,6 miliar di Jabar

Bantuan bibit pertanian tersebut, yakni bibit jagung untuk lahan seluas 5.000 hektare, bibit padi untuk lahan seluas 5.000 hektare, bibit kopi untuk lahan seluas 600 hektare, bibit kelapa untuk lahan 300 hektare dan bibit kakao untuk lahan seluas 500 hektare.

Bantuan lainnya, yakni sebanyak 10 ekor kambing PE, satu unit traktor serta dua unit traktor tangan.

"Kementerian Pertanian juga membantu pembangunan kebun induk perkebunan seluas 35 hektare di Desa Batu Panga Kabupaten Polewali Mandar," kata Herdin Ismail.

Baca juga: Kementan beri bantuan pompa air untuk 35 kabupaten/kota di Jateng

Sementara itu, mantan Penjabat Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh yang menerima langsung bantuan itu menyampaikan terima kasih kepada Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman atas kepedulian kepada masyarakat Sulbar, khususnya para petani.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada pak Menteri Pertanian atas kepeduliannya kepada masyarakat di Sulbar, khususnya para petani," ujar Zudan Arif Fakrulloh.

Ia berharap bantuan dari Kementan terus mengalir untuk mendorong sektor pertanian di Sulbar, khususnya dan Pulau Sulawesi pada umumnya.

"Bantuan ini sangat dinantikan masyarakat Sulbar, dan terima kasih atas bantuan dari bapak Mentan. Ini merupakan berkah bagi masyarakat Sulbar dan semoga menjadi amal bagi kita semua untuk senantiasa membuat masyarakat bahagia," terang Zudan Arif Fakrulloh.

Pewarta: Amirullah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024