Jakarta (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) RI menyatakan sebanyak 9.070 calon haji Indonesia akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada Senin (13/5) hari ini.

Seluruh jamaah calon haji yang berangkat pada hari ini terbagi ke dalam 23 kelompok terbang (kloter) dari seluruh Indonesia, dan akan diberangkatkan menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA), Madinah.
 
"Hari ini terdapat 23 kloter dengan 9.070 orang akan diterbangkan ke Madinah, Arab Saudi," kata Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kemenag RI Akhmad Fauzin dalam konferensi pers penyelenggaraan ibadah haji, yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin.
 
Secara rinci, Ahmad menyebutkan jamaah calon haji yang diberangkatkan berasal dari berbagai embarkasi, di antaranya embarkasi Medan (KNO) sebanyak 360 orang atau satu kloter dan embarkasi Batam (BTH) sebanyak 450 orang atau satu kloter.
 
Selanjutnya, embarkasi Padang (PDG) sebanyak 393 orang atau satu kloter, embarkasi Palembang (PLM) sebanyak 450 orang atau satu kloter, serta embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG) sebanyak 786 orang atau dua kloter.
 
"Kemudian embarkasi Jakarta Bekasi (JKS) sebanyak 1.250 orang atau tiga kloter, embarkasi Kertajati (KJT) sebanyak 440 orang atau satu kloter," ujarnya.
 
Kemudian, kata Ahmad, embarkasi Solo (SOC) sebanyak 1.080 orang atau tiga kloter, embarkasi Surabaya (SUB) sebanyak 1.855 orang atau lima kloter, dan embarkasi Lombok (LOP) sebanyak 786 orang atau dua kloter.
 
Terakhir, sambungnya, embarkasi Banjarmasin (BDJ) sebanyak 320 orang atau satu kloter, serta embarkasi Makassar (UPG) sebanyak 900 orang atau dua kloter.
 
Ahmad menyampaikan kepada jamaah calon haji untuk tidak ragu dan segan dalam meminta bantuan kepada para petugas, baik sebelum keberangkatan, saat berada di pesawat, maupun setelah tiba di Arab Saudi jika memiliki kesulitan dalam melaksanakan ibadah haji.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada seluruh calon haji untuk mengunduh aplikasi Pusaka Superapp yang diterbitkan oleh Kemenag RI, untuk dapat mengakses buku panduan ibadah haji, buku panduan ibadah haji lansia, serta video praktik manasik haji guna memudahkan proses ibadah haji.  

Baca juga: Kemenag: 4.500 calon haji tiba di Tanah Suci
Baca juga: Kemenag sediakan layanan khusus bagi 45.678 orang JCH lanjut usia
Baca juga: Jamaah calon haji wajib waspada jika tak ingin selalu buang air kecil

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024