Kami akan terus berupaya maksimal untuk memberikan produk terbaik kepada maskapai penerbangan yang melayani pemberangkatan JCH
Palembang (ANTARA) - Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel memasok 200 kiloliter (kl) Avtur per hari untuk mendukung kegiatan pemberangkatan jamaah calon haji (JCH) asal Sumatera Selatan dan Bangka Belitung di Embarkasi Haji Palembang pada 12 Mei hingga 10 Juni 2024.

"Kami siap memasok Avtur hingga 200 kl/hari untuk mendukung kelancaran penerbangan JCH di Embarkasi Palembang Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II pada musim haji 1445 Hijriah/ 2024," kata Region Manager Corporate, Operation and Services (COS) Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel Yudho Wibowo, di Palembang, Senin.

Dia menjelaskan, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel siap memberikan layanan optimal penerbangan haji melalui Bandar Udara SMB II Palembang.

Serangkaian upaya yang disiapkan antara lain dengan memastikan ketersediaan jumlah Avtur dalam jumlah yang mencukupi untuk penerbangan di Embarkasi Haji Palembang agar JCH dapat diberangkatkan ke Arab Saudi untuk melaksanakan serangkaian ibadah haji dengan lancar dan aman.

Jamaah calon haji yang berangkat dari Bandara SMB II Palembang pada tahun ini mencapai 8.506 orang atau meningkat sekitar satu persen dibandingkan 2023.

Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel turut bangga bisa menjadi bagian dari pelayanan terbaik untuk para jamaah yang terbang melalui embarkasi haji Bandara SMB II Palembang.

"Sarana dan fasilitas dari Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) SMB II juga siap dengan optimal mendukung kelancaran operasional, ada enam refueller, empat storage tank berkapasitas 200 kl hingga 800 kl, serta puluhan pekerja yang handal dan memadai untuk melayani kebutuhan Avtur maskapai penerbangan haji," ujarnya.

Menurut dia, secara keseluruhan 3.850 kl Avtur disiapkan untuk melayani pemberangkatan 8.506 orang JCH asal Sumsel dan Babel yang dibagi 19 kelompok terbang (kloter).

Penerbangan haji tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, Pertamina memberikan dukungan (support) penerbangan pesawat Saudi Arabia Airlines yang menggunakan pesawat Boeing 747-400 langsung (direct) dari Palembang ke Jeddah.

Dengan adanya penerbangan haji 2024 ini diperkirakan peningkatan konsumsi Avtur hingga mencapai 2,5 kali lipat jika dibanding rata-rata konsumsi normal pada tahun sebelumnya, jelas Yudho.

Sementara Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel Tjahyo Nikho Indrawan menambahkan pihaknya terus berkomitmen untuk melayani konsumen dan maskapai akan kebutuhan Avtur.

"Kami akan terus berupaya maksimal untuk memberikan produk terbaik kepada maskapai penerbangan yang melayani pemberangkatan JCH sehingga seluruh jamaah dapat berangkat dan pulang dengan selamat ke Tanah Air menjadi haji yang mabrur," ujar Nikho.

Baca juga: Pertamina jamin ketersediaan avtur di 13 bandara embarkasi haji
Baca juga: Pertamina siapkan 1.300 kiloliter Avtur untuk penerbangan haji di NTB

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024