Para pelanggan yang berangkat didominasi tujuan Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Jember, dan Banyuwangi
Surabaya, Jatim (ANTARA) - PT KAI (Persero) Daop 8 Surabaya, Jawa Timur, memberangkatkan sebanyak 98.206 orang dengan kereta api jarak jauh pada libur panjang periode 8-12 Mei 2024.

Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif dalam keterangannya di Surabaya, Jatim, Senin, mengatakan keberangkatan itu mengalami peningkatan sebesar 20 persen atau 15.676 pengguna dari minggu sebelumnya yang 82.530 orang.

Menurut dia, para pelanggan yang berangkat didominasi tujuan Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Jember, dan Banyuwangi.

"Sedangkan, yang turun di stasiun wilayah Daop 8 Surabaya tercatat sebanyak 94.266 pelanggan. Hal ini juga mengalami peningkatan sebesar 16 persen atau 12.775 orang, dibanding minggu sebelumnya yang tercatat sebesar 81.497 penumpang," ujarnya.

Luqman menjelaskan adapun rincian data okupansi naik dan turun di Daop 8 Surabaya selama libur panjang antara lain Stasiun Surabaya Gubeng yang berangkat sebanyak 30.884 pelanggan dan datang 30.116 orang.

"Stasiun Surabaya Pasarturi, naik sebanyak 27.281 pelanggan dan turun 25.862 orang. Stasiun Malang yang berangkat sebanyak 18.159 pelanggan dan datang 17.277 orang," katanya.

Luqman menambahkan selama masa libur panjang akhir pekan pihaknya mengoperasikan sebanyak 47 KA jarak jauh.

"Terdiri 43 KA jarak jauh reguler dan tiga KA tambahan serta satu KA lokal komersial tambahan," tuturnya.

Oleh karena itu, pihaknya mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya pelanggan yang telah menggunakan transportasi kereta api sebagai moda transportasi pilihan.

"KAI akan terus berusaha untuk menjadikan kereta api sebagai pilihan utama masyarakat dengan mengutamakan keselamatan perjalanan KA, kenyamanan, dan tepat waktu," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau bagi masyarakat yang akan bepergian menggunakan transportasi KA agar segera melakukan pemesanan tiket KA, sehingga dapat memilih kereta api dan tanggal keberangkatan sesuai keinginan.

"Namun, apabila KA dan tanggal keberangkatan yang diinginkan telah habis, dapat memanfaatkan fitur connecting train yang tersedia pada aplikasi Access by KAI. Fitur ini akan mengombinasikan jadwal kereta api yang bersifat persambungan," tutur Luqman.

Baca juga: Daop Surabaya sediakan 27.118 tempat duduk selama libur panjang
Baca juga: KAI Daop 8 operasikan tiga kereta tambahan dari Stasiun Malang
Baca juga: KCI kembangkan kapasitas perjalanan kereta lokal di wilayah 8 Surabaya

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024