Pangkalpinang (ANTARA) - Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan empat orang calon haji asal daerah itu membatalkan keberangkatan mereka dengan sejumlah alasan.

"Empat calon haji ini menunda keberangkatan karena beberapa alasan, di antaranya karena faktor keluarga dan ekonomi," kata Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Babel H Rebuan di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan empat calon haji yang batal berangkat itu berasal dari Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Belitung Timur.

"Calon haji asal Bangka, Bangka Tengah, dan Bangka Selatan sudah melunasi biaya haji dan menunda berangkat hingga tahun depan," katanya.

Sementara calon haji asal Belitung Timur yang juga telah melunasi biaya haji, menarik kembali biaya hajinya.

"Kita tidak tahu kenapa calon haji menarik kembali pelunasan uang hajinya, apakah faktor ekonomi untuk memenuhi kebutuhan atau karena alasan lainnya," ujarnya.

Menurut dia, pembatalan keberangkatan haji empat orang ini bukan karena faktor kesehatan yang tidak memungkinkan bagi mereka untuk menunaikan ibadah haji ke Makkah.

"Dengan penundaan keberangkatan empat calon haji ini maka jumlah total calon haji dari Babel yang akan berangkat ke Tanah Suci tahun ini sebanyak 1.112 orang dan mulai diberangkatkan pada 15 Mei 2024," katanya.

Baca juga: Kemenag: Empat calon haji asal Banyumas tunda keberangkatan

Baca juga: Babel lepas keberangkatan 1.112 calon haji

Pewarta: Aprionis
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024