Pangkalpinang (ANTARA) - Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melepas keberangkatan 1.112 orang calon haji (calhaj) ke Tanah Suci, Mekah mulai Rabu (15/5) dini hari,

"Hari ini kita memantapkan tugas terakhir dan Insya Allah persiapan sudah semua," kata Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Babel H. Rebuan di Pangkalpinang, Senin.

Baca juga: 80 jamaah calon haji kuota tambahan Babel diberangkatkam ke Mekkah

Ia mengatakan sesuai keputusan Menteri Agama Republik Indonesia keberangkatan 1.112 calhaj asal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ke Tanah Suci Mekah dimulai pada 15 hingga 17 Mei 2024.

"Alhamdulillah, semua persiapan sudah siap. Paspor, visa juga sudah siap dibagikan kepada calhaj," katanya.

Ia menyatakan pelepasan kloter pertama akan dilakukan pada 15 Mei 2024 pada pukul 03.30 WIB di Bandara Depati Amir Pangkalpinang menuju Embarkasi Palembang, selanjutnya menuju Tanah Suci.

"Calhaj ini menginap satu malam di Asrama Haji Babel dan mereka mendapatkan makanan tiga kali dan makanan ringan dua kali sesuai edaran Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Republik Indonesia," katanya.

Baca juga: Pj Gubernur Babel lepas keberangkatan 80 calhaj kuota tambahan

Baca juga: 112 jamaah calon haji Belitung-Babel siap diberangkatkan ke Tanah Suci


Ia mengatakan menu makanan calhaj tahun ini tidak boleh diubah, menu makanan calhaj 2024 ini harus ada daging, ikan, ayam, telur, tahu, tempe, buah segar ,dan jus buah untuk sekali makanan. Sementara snack harus ada roti dan kue biasa.

"Pada tahun ini kita tidak menyediakan bubur, hanya nasi beserta lauk pauk yang telah ditetapkan Kemenag," katanya.
 

Pewarta: Aprionis
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024