Jakarta (ANTARA) - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) melalui program "LPS Peduli Bakti untuk Negeri" menyalurkan bantuan untuk korban banjir dan tanah longsor di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, pada Minggu (11/5/2024).

Penyaluran bantuan dilaksanakan secara simbolis di Posko Induk Tanggap Darurat Bencana, Lapangan Andi Jemma, Kota Belopa, Luwu, Sulsel, yang dihadiri oleh Plt Kepala Divisi Edukasi, Humas, dan Hubungan Kelembagaan Kantor Perwakilan LPS III Makassar Dadi Hermawan dan Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Sulaiman.

"Kami mewakili pimpinan dan keluarga besar Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) turut berbelasungkawa atas bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Luwu. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Luwu yang terdampak,” kata Dadi dalam keterangan di Jakarta, Senin.

Adapun bantuan yang diberikan LPS untuk korban banjir dan tanah longsor di Luwu berupa beras 3,8 ton, minyak goreng, dan 380 paket selimut, sarung, perlengkapan bayi, serta perlengkapan kebersihan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Sulaiman menyampaikan apresiasi atas kepedulian LPS untuk membantu korban yang terdampak bencana tersebut.

Sebelumnya, bencana banjir dan tanah longsor terjadi di Kabupaten Luwu pada Jumat (3/5/2024) pukul 01.17 Wita. Berdasarkan data dari Pusdalops BPBD Kabupaten Luwu, sampai dengan 10 Mei 2024 bencana banjir dan tanah longsor telah mengakibatkan 13 jiwa meninggal dunia, 992 jiwa mengungsi, 4.472 rumah rusak, dan masih terdapat 3.660 jiwa yang terisolir akses darat.

Pada 2024, LPS membuka Kantor Perwakilan LPS III di Makassar dengan harapan lebih dekat dan dirasakan oleh masyarakat. Selain menjalankan fungsinya yakni menjamin simpanan perbankan dan memelihara stabilitas sistem keuangan, LPS juga melaksanakan kegiatan sosial sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat.

Kegiatan sosial LPS antara lain meliputi bantuan bencana alam, program pemberdayaan ekonomi, serta pelestarian lingkungan.

Baca juga: LPS catat jumlah tabungan orang kaya Rp5 miliar meningkat 9,14 persen
Baca juga: LPS salurkan klaim simpanan nasabah per 29 April sebesar Rp237 miliar
Baca juga: LPS berkoordinasi dengan Kemenkeu selesaikan RPP penjaminan polis

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024