Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 173 atlet siap berkompetisi dalam pesta olahraga terbesar Olimpiade Paris 2024 yang akan bergulir dari 26 Juli hingga 11 Agustus.

Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) dalam keterangan resminya pada Senin menjelaskan dari 173 atlet itu 166 adalah kuota reguler (83 putra dan 83 putri), tiga kuota universalitas dari Komisi Tripartit Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang terdiri dari dua putra dan satu putri, ditambah satu tempat tambahan untuk atlet Tim Refugee IOC Dorsa Yavarivafa.

Tuan rumah Prancis sendiri telah lolos berdasarkan peringkat, sehingga kuota tersebut dialokasikan ke atlet lain yang memenuhi syarat.

Tunggal putra Pablo Abian (Spanyol) dan Kevin Cordon (Guatemala) kembali berlaga dalam Olimpiade musim panas untuk kelima kalinya. Rekor ini menyamai pencapaian atlet asal Polandia Robert Mateusiak dan atlet Thailand Boonsak Ponsana.

Fakta menarik lain, Ratchanok Intanon (Thailand), Michelle Li (Kanada), Tai Tzu Ying (Taiwan), Lianne Tan (Belgia), dan Tse Ying Suet (Hong Kong) semuanya akan tampil dalam Olimpiade keempat mereka, Juli mendatang.

Baca juga: Ernando Ari: Saya bersyukur, tetapi tidak cepat puas hanya empat besar

El Salvador, Kazakhstan, dan Nepal untuk pertama kalinya terwakili dalam cabang olahraga bulu tangkis berkat lolosnya Uriel Francisco Canjura Artiga, Dmitriy Panarin dan Prince Dahal, yang semuanya bertanding dalam nomor tunggal putra.

Selain Wang Yi Lyu (ganda campuran) dan Greysia Polii (ganda putri), seluruh juara Olimpiade Tokyo 2020 lain lolos, meliputi Viktor Axelsen (Denmark), Chen Yu Fei (China) dan Lee Yang/Wang Chi-Lin (Taiwan).

Rekan Wang Yi Lyu, Huang Dong Ping (China) kembali finis kedua pada peringkat Race to Paris bersama rekan barunya, Feng Yan Zhe. Sedangkan rekan Greysia Polii, Apriyani Rahayu, kali ini lolos bersama Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Indonesia sendiri menempatkan wakil dalam semua nomor bulu tangkis yang dipertandingkan pada Olimpiade Paris 2024. Selain Apri/Fadia pada ganda putri, rekan mereka di Tim Uber Indonesia, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung, juga akan tampil di panggung olahraga terbesar di dunia ini.

Dari tunggal putra, ada Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting, yang masing-masing berperingkat tiga dan tujuh pada Race to Paris.

Sementara, nomor ganda putra dan ganda campuran masing-masing diwakili Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Baca juga: Menpora yakin tren positif pebulutangkis lanjut ke Olimpiade Paris

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024