Jakarta (ANTARA) - Beberapa peristiwa hukum kemarin (12/5) menjadi sorotan, di antaranya investigasi insiden kecelakaan bus yang mengangkut para pelajar dari Depok, Jawa Barat sampai dukungan Imigrasi untuk kelancaran pemberangkatan calon jamaah haji ke Arab Saudi.

Berikut rangkuman berita hukum kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:

KNKT lakukan investigasi kecelakaan bus di Ciater

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) melakukan investigasi kecelakaan bus pariwisata Trans Putera Fajar yang mengangkut rombongan siswa SMK Lingga Kencana Depok di Jalan Raya Kampung Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan pihaknya telah membentuk tim untuk menginvestigasi penyebab kecelakaan bus yang terguling pada Sabtu (11/5) pukul 18.45 WIB.

Selengkapnya baca di sini.


Aktivis: Calon Pansel KPK harus berindependensi sangat tinggi

Aktivis antikorupsi yang juga mantan anggota Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK (Pansel KPK), Natalia Soebagjo, mengatakan calon anggota pansel untuk pimpinan KPK periode 2024-2029 harus memiliki independensi yang sangat tinggi.

“Siapa pun yang menjadi anggota Pansel KPK, mereka perlu merupakan individu-individu yang mempunyai independensi yang sangat tinggi,” kata Natalia dalam diskusi publik Jelang Pembentukan Pansel Pimpinan dan Dewas KPK: Menakar Arah Pemberantasan Korupsi Jokowi, yang dipantau secara daring di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.


Polri gelar latihan praoperasi pastikan pengamanan World Water Forum

Kepolisian Republik Indonesia menggelar latihan praoperasi Puri Agung 2024 untuk memastikan kesiapan pengamanan ajang berskala internasional Forum Air Dunia atau World Water Forum ke-10 yang bakal digelar di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali.

Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol. Fadil Imran di Puspem Badung, Bali, Minggu mengatakan, pelaksanaan kegiatan latihan praoperasi tersebut dihadiri oleh beberapa Satuan Tugas atau Satgas mulai dari Satgas Preemtif, Preventif, Walrolakir (pengawalan, rute, patroli, dan parkir) Satgas Penegak Hukum (Gakkum), Satgas Humas, Satgas Anti teror serta Bantuan Operasi (Banops).

Selengkapnya baca di sini.


Polri: Tak ditemukan jejak rem saat kecelakaan bus terguling di Ciater

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Aan Suhanan menyatakan bahwa hasil sementara dari olah tempat kejadian perkara (TKP) tidak menemukan jejak rem di lokasi kecelakaan bus terguling di Jalan Raya Kampung Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

"Jadi kalau kami lihat dari TKP yang ada, ini tidak ada jejak rem dari bus tersebut. Yang ada itu bekas ban, satu bagian, diduga itu ban kanan, ada beberapa meter di situ, kemudian sampai akhir titik kejadian di depan sana menabrak tiang listrik," kata Aan saat meninjau olah TKP di lokasi kejadian di Subang, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.


Dirjen Imigrasi pastikan kelancaran Makkah Route jamaah calon haji

Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Silmy Karim memastikan pelaksanaan Makkah Route untuk pemberangkatan jamaah calon haji tahun 2024 berlangsung lancar.

"Alhamdulillah sejauh ini (pelaksanaan) cukup lancar. Di Solo dan Surabaya tahun ini perdana untuk implementasi Makkah Route, jadi kami pastikan semua berjalan baik," kata Silmy Karim dalam keterangan resmi diterima di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.
 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024