umulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 162.553 kendaraan tercatat kembali ke wilayah Jabotabek pada periode libur H+2 Libur Panjang Kenaikan Yesus Kristus atau pada Sabtu 11 Mei 2024.

"Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (dari arah Merak), GT Ciawi (dari arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (dari arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (dari arah Bandung). Total volume lalin yang kembali ke wilayah Jabotabek ini naik 10,75 persen jika dibandingkan lalin normal," kata Marketing & Communication Department Head/Pgs Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Faiza Riani di Jakarta, Minggu.

Untuk distribusi lalu lintas kembali ke Jabotabek dari ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 74.823 kendaraan (43,45 persen) dari arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 47.024 kendaraan (31,32 persen) dari arah Barat (Merak) dan 40.706 kendaraan (25,23 persen) dari arah Selatan (Puncak).

Lalin kembali ke Jabotabek dari arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek adalah sebanyak 33.805 kendaraan, naik sebesar 9,26 persen dari lalin normal.

Sedangkan lalin kembali ke Jabotabek dari arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularan adalah sebanyak 41.018 kendaraan, naik sebesar 20,43 persen dari lalin normal.

Total lalin kembali ke Jabotabek dari arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut sebanyak 74.823 kendaraan, naik sebesar 15,11 persen dari lalin normal.

Lalin kembali ke Jabotabek dari arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebanyak 47.024 kendaraan, naik sebesar 2,48 persen dari lalin normal.

Sementara itu, jumlah kendaraan yang kembali ke Jabotabek dari arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 40.706 kendaraan, naik sebesar 13,41 persen dari lalin normal.

Faiza Riani menyebutkan, pada H+2 Libur Panjang Kenaikan Yesus Kristus 2024 (Sabtu, 11 Mei 2024), jumlah kendaraan yang kembali ke Jabotabek tercatat lebih tinggi jika dibandingkan dengan lalin yang meninggalkan Jabotabek. Untuk lalin meninggalkan Jabotabek di empat gerbang tol utama, tercatat sebanyak 153.920 kendaraan, lebih rendah 6,31 persen dari lalu lintas normal.

Pengguna jalan tol diimbau untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, pastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik, pergunakan rest area untuk beristirahat jika lelah berkendara serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas.
Baca juga: Laka di Subang, pemilik PO bus diminta tanggung jawab kelayakan bus
Baca juga: Kemenhub: Penggunaan sabuk pengaman bisa kurangi fatalitas kecelakaan
Baca juga: Kecelakaan bus Subang, Kemenhub cabut izin PO bila langgar aturan

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024