Jakarta (ANTARA) - Saat wanita memasuki usia menopause, sangat penting untuk mempertimbangkan apa yang dimakan dan melakukan perubahan pola makan yang dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan.

Ditulis laman The Guardian, Sabtu (11/5), dokter umum dan spesialis menopause lanjut Dr Claire Phipps, mengatakan fokus harus pada pola makan yang baik, mengonsumsi makanan yang bervariasi dan makanan yang mendukung kesehatan tulang dan jantung.

“Bayangkan gaya makan Mediterania, dengan banyak ikan berminyak, biji-bijian, kacang-kacangan, buah dan sayuran, lemak baik (alpukat, minyak zaitun, misalnya), dan protein dan susu untuk mendukung kepadatan tulang. Kesehatan yang baik pada tahap kehidupan ini paling baik dicapai melalui pola makan dibandingkan suplemen,” katanya.

Baca juga: Studi sebut wanita 40 persen berisiko alami depresi saat perimenopause

Baca juga: Waspada jika memiliki hiperkolesterol saat masuki masa menopause


Phipps juga merekomendasikan untuk mengonsumsi suplemen vitamin D, mungkin magnesium, karena dapat membantu mengatasi insomnia saat masa menopause.

Meskipun kita membutuhkan lemak baik untuk membuat hormon tertentu, kita juga membutuhkannya untuk memberi nutrisi pada mikrobioma usus kita, dibandingkan lemak jenuh dan lemak trans yang ditemukan dalam makanan olahan dan gorengan.

Makanan fermentasi, seperti kimchi dan asinan kubis, dapat membantu karena mengandung bakteri hidup probiotik (seperti halnya yoghurt hidup).

Chef Jane Baxter, rekan penulis bersama Dr Federica,  " Amati dari Resep untuk Menopause yang Lebih Baik", menyarankan untuk menggandakannya dengan menambahkan kefir dan asinan kubis cincang ke dalam adonan pancake sarapan, atau mencampurkan kefir dengan bawang putih, kulit lemon, dan bumbu cincang (tarragon, peterseli, daun bawang) untuk mengasinkan daging.

Terapis nutrisi Joanna Lyall mengatakan ada baiknya memanfaatkan bumbu rempah-rempah seperti kayu manis ke dalam sarapan dan smoothie karena dapat menurunkan gula darah, kunyit untuk anti inflamasi, cabai untuk metabolisme dan jahe segar untuk mengatasi mual.

Terkait sayuran, Lyall memilih warna pelangi untuk mendapatkan keberagaman nutrisi, antioksidan, vitamin, dan mineral. Sup dan salad adalah tempat yang baik untuk memadukan berbagai hal dan menambahkan segenggam bayam atau kangkung tambahan.

Hindari konsumsi minuman keras, kafein, minuman bersoda karena tidak membantu mengatasi kecemasan dan membuat berat badan mungkin bertambah.
 

Baca juga: Delapan vitamin esensial yang diperlukan wanita 40 tahun

Baca juga: Menopause sebabkan wanita cepat alami osteoporosis

Baca juga: Pola makan untuk atasi masalah menopause

 

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024