Hari ini adalah hari terakhir pendaftaran
Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menegaskan Minggu ini adalah hari terakhir pendaftaran bakal calon independen Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta untuk menyerahkan berkas dukungan sehingga bila keberatan bisa mengajukan sengketa ke Bawaslu.

"Hari ini adalah hari terakhir pendaftaran untuk penyerahan sarat dukungan minimal untuk calon perseorangan Gubernur atau Wakil Gubernur DKI Jakarta," kata anggota KPU DKI Jakarta Dody Wijaya di Jakarta, Minggu.

Oleh karena itu, lanjutnya, masih ada ruang untuk mengajukan keberatan atau mengajukan sengketa pemilu melalui Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

"Kalau untuk perpanjangan jadwal penyerahan berkas itu ranah KPU pusat dan kami di sini hanya menjalankan teknis yang telah dibuat," kata dia.

Ia menyebutkan, pihaknya sudah mengumumkan tahapan penyerahan berkas dukungan dan pencalonan ini kepada masyarakat mulai dari 5 Mei sampai 7 Mei 2024.

Baca juga: Empat bakal calon independen Pilgub Jakarta dapat akses Silon

Selain itu, pihaknya sudah melakukan dua kali sosialisasi tahapan pendaftaran ini yang dimulai dengan penyerahan dukungan pada 8-12 Mei 2024.

"Kami sosialisasi di lingkungan pemerintah dan pemangku kebijakan dan juga sosialisasi dengan mengumpulkan sejumlah ormas," kata dia.

Ia menjelaskan dasar tahapan ini adalah keputusan KPU DKI Jakarta Nomor 47 2024 yang mencantumkan bakal calon independen harus memiliki dukungan masyarakat sebesar 7,5 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) DKI Jakarta di pemilu sebelumnya 8,2 juta pemilih atau sekitar 618.968 dukungan.

"Kami memahami kesulitan-kesulitan atau keterbatasan dari para bakal calon dalam mengumpulkan syarat tersebut," kata dia.

Sebelumnya, hingga Minggu pukul 16.12 WIB baru satu bakal calon yang menjadwalkan mengantarkan syarat dukungan yakni Dharma Pongrekun dan timnya.

Baca juga: Baru satu calon independen bakal mendaftar ke KPU DKI

Selain itu, ada sejumlah tokoh yang sudah melakukan konsultasi dengan KPU Jakarta yakni Sudirman Said, Noer Fajriansyah dan Poempida Hidayatullah.

"Tim dari ketiga tokoh ini belum mengonfirmasi kedatangan ke KPU DKI Jakarta dan kita tunggu saja sampai akhir pendaftaran hingga pukul 23.59 WIB," kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024