Setiap tahun jumlah nasabah calon haji yang menabung di BSI terus meningkat dengan rata-rata 80 persen dari total jemaah Indonesia mendaftar lewat BSI
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) memberangkatkan 178.770 ribu jemaah haji tahun 2024 atau setara dengan 83 persen dari sekitar 213 ribu jemaah dari Indonesia.

“Setiap tahun jumlah nasabah calon haji yang menabung di BSI terus meningkat dengan rata-rata 80 persen dari total jemaah Indonesia mendaftar lewat BSI,” kata Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna di Jakarta, Minggu.

Per Maret 2024, Tabungan Haji BSI konsisten tumbuh 8,2 persen (year-on-year/yoy) dengan jumlah rekening mencapai 5 juta dan total dana pihak ketiga (DPK) Rp11,67 triliun.

BSI berharap kelolaan tabungan haji mencapai 5,9 juta rekening pada tahun ini. Sementara itu, jumlah pendaftar haji yang menabung di BSI sampai dengan Maret 2024 mencapai 3,6 juta jemaah. Jumlah tersebut mencakup sekitar 64 persen dari total jemaah waiting list haji reguler Indonesia.

Anton menjelaskan jemaah haji yang mendaftar lewat BSI akan memperoleh layanan manasik di embarkasi di kota dan kabupaten, fasilitas kartu debit mabrur dengan fasilitas gratis tiga kali tarik tunai per bulan di Arab Saudi, cashback belanja di merchant di Arab Saudi dengan minimal berbelanja Rp10 juta di Arab Saudi, hingga layanan penukaran uang riyal di embarkasi haji.

Untuk menjaga kinerja yang berkelanjutan, Anton menyebut perseroan berkomitmen memperkuat ekosistem haji dan umroh. Salah satunya adalah jemaah haji yang menabung di BSI akan mendapatkan kemudahan pelunasan haji secara real-time tanpa harus ke bank melalui BSI Mobile.

Dalam memberikan kemudahan layanan haji ke daerah remote dan memperluas akses layanan ke masyarakat pedesaan, BSI hadir memberi solusi dengan fasilitas penyetoran tabungan haji dan pelunasan melalui BSI Agen mencapai 94 ribu mitra agen BSI di seluruh Indonesia. Masyarakat yang memiliki usaha bisa mendaftar menjadi BSI Agen di seluruh outlet BSI.

BSI juga menyediakan penukaran banknotes SAR (Saudi Arabian Riyal/uang Riyal Arab Saudi) di outlet-outlet BSI dengan nilai tukar yang kompetitif.

BSI juga terus meningkatkan ekosistem Islam melalui haji dan umrah. Saat ini, BSI bekerja sama lebih dari 1.800 travel haji dan umrah yang siap melayani haji ONH plus. Lalu, BSI juga terus meningkatkan literasi haji sejak dini melalui kerja sama dengan lebih dari 360 ribu sekolah Islam, 73 ribu pesantren, 51 ribu masjid.

Baca juga: Direktur BSI sebut perseroan kelola Rp12,5 triliun tabungan haji
Baca juga: BSI siapkan layanan untuk permudah nasabah lunasi biaya haji 2024
Baca juga: BSI dipercaya Kemenag menyalurkan biaya hidup jamaah haji

 

Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024