Jakarta (ANTARA) - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyampaikan bahwa Dharma Santi atau puncak dari perayaan Hari Raya Nyepi yang diselenggarakan oleh kementerian tersebut menunjukkan sisi keberagaman yang selama ini menjadi kekuatan bagi insan BUMN.

"Saya sampaikan pesan dari Pak Menteri BUMN Erick Thohir, kebetulan beliau tidak dapat hadir pada acara Dharma Santi 2024 ini. Bahwa BUMN ini kekuatannya pada keberagaman, kebersamaan, sehingga kita di Kementerian BUMN mendukung penuh perayaan Hari Raya Nyepi," kata Deputi Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata di TMII, Jakarta, Minggu.

Tedi mengatakan, keberagaman yang dimiliki BUMN juga menjadi kekuatan dalam melakukan transformasi di tubuh perusahaan-perusahaan pelat merah. Dia juga menekankan pentingnya peran umat Hindu di BUMN dalam mendukung proses transformasi yang terus digencarkan oleh Kementerian BUMN.

Pada tahun ini, Dharma Santi BUMN mengusung tema "Penerapan Tata Nilai AKHLAK dalam Kontemplasi Diri Untuk Mencapai Kesadaran yang Tertinggi Mendukung Transformasi BUMN Menuju Indonesia Maju".

Selaras dengan tema tersebut, Tedi mengatakan Dharma Santi BUMN harus dijadikan momentum bagi umat Hindu untuk merefleksikan dan memperbaiki diri serta terus menjaga komitmen diri.

Dharma Santi BUMN telah didahului oleh berbagai kegiatan sejak Maret lalu. Pada perayaan puncak di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Minggu, Dharma Santi BUMN secara simbolis memberikan donasi atau punia dan Rsi Yadnya untuk pembangunan pura, yayasan, dan pemberdayaan masyarakat di Indonesia dengan total dana yang terkumpul senilai Rp1.523.498.000.

Secara rinci, dana punia untuk pembangunan pura senilai Rp311.500.000, kemudian pengembangan yayasan senilai Rp422.150.000, serta pengembangan komunitas Hindu atau pemberdayaan masyarakat senilai Rp580.800.000. Adapun sedekah untuk para rohaniawan Hindu atau Rsi Yadnya senilai Rp209.048.000.

Seluruh pengumpulan punia dilakukan sejak dimulainya Dharma Santi BUMN 2024 pada 25 Maret lalu. Punia Dharma Santi BUMN tahun ini memberikan porsi sebesar 60 persen untuk kegiatan pengembangan umat, baik dari sisi keekonomian maupun pendidikan.

Baca juga: PHDI Pusat gelar Dharma Santi Nasional dalam rangka Hari Raya Nyepi
Baca juga: Pemprov Bali rayakan Nyepi dan Idul Fitri lewat Dharma Santi
Baca juga: Presiden Jokowi ajak umat Hindu jaga kedamaian di tahun politik

 

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024