Jakarta (ANTARA) -
Pelatih kepala tim nasional (timnas) sepak bola Indonesia U-16, Nova Arianto, mengatakan bahwa Piala Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) menjadi sarana uji coba untuk menghadapi kompetisi yang lebih besar, serta persiapan regenerasi timnas ke depan.
 
Ia menjelaskan, Indonesia sedang melakukan pembenahan secara berjenjang di kelompok umur dan saling terkait satu sama lain, sehingga tujuan dari awal adalah mempersiapkan tim U-16 sebagai generasi di masa mendatang.
 
Ke depan setelah Piala AFF, sejumlah turnamen berjenjang yang lebih besar juga telah menunggu timnas U-16 saat ini, seperti Kualifikasi Piala Asia U-17 pada 2025.
 
"Itu semua dilakukan agar nanti ketika sudah U-20 atau U-23, mereka sudah siap untuk menjadi senior, sesuai dengan apa yang ditargetkan oleh pelatih kepala timnas senior," kata Nova, Minggu.

Baca juga: Timnas U-16 mulai berlatih taktik untuk persiapan AFF U-16
 
Terkait pertanyaan tentang target juara, karena Indonesia berstatus juara bertahan dan tuan rumah dalam Piala AFF U-16 tahun ini, Nova hanya bisa memastikan bila setiap pemain dan ofisial telah berusaha maksimal untuk berprestasi bagi Indonesia.
 
Ia mengaku, selama empat tahun mendampingi pelatih timnas senior, Shin Tae-yong (STY), dirinya semakin mengetahui kekurangan yang terjadi selama ini di tim nasional, sehingga berusaha memperbaikinya.
 
Setelah mendampingi STY di Piala Asia U-23 Qatar yang lalu, Nova akan fokus mempersiapkan timnas U-16 yang saat ini berlatih di Yogyakarta sejak 18 April lalu.

Baca juga: Empat hari TC untuk Piala AFF, timnas U-16 masih fokus penguatan fisik
Baca juga: Tes fisik jadi menu utama TC perdana timnas U-16 untuk Piala AFF
 
Dalam Piala AFF U-16 yang diselenggarakan pada 21 Juni sampai 4 Juli 2024, Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah, tepatnya di Kota Solo (Jawa Tengah) dan Surabaya (Jawa Timur).
 
Skuad asuhan Nova Arianto mengikuti Piala AFF U-16 tahun ini sebagai juara bertahan, karena menjadi pemenang pada edisi 2022, dengan menundukkan Vietnam dalam laga puncak.
 
Saat itu, skuad yang masih dilatih Bima Sakti Tukiman, mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0.

 

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024