Jakarta (ANTARA) -
Tim nasional sepak bola Indonesia U-16 mulai berlatih taktik di lereng Gunung Merapi, Yogyakarta, guna persiapan menghadapi Piala Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) U-16, pada 21 Juni sampai 4 Juli 2024 di Indonesia, tepatnya Kota Solo dan Surabaya.
 
Kepala Pelatih timnas U-16 Nova Arianto mengatakan kondisi persiapan tim sudah baik dan telah dimulai sejak 18 April lalu.
 
"Kami akan masuk ke persiapan taktikal. Pemain ada 34 orang termasuk diaspora yang ada di luar negeri," kata Nova di Jakarta, Minggu.
 
Ia membeberkan, pada masa awal latihan, timnya masih fokus kepada pelatihan untuk kondisi fisik mendasar, seperti meningkatkan massa otot, menurunkan lemak dan menaikkan VO2Max (angka kebugaran kardiorespiratori) pemain.
 
Meski tidak bisa memantau langsung pada saat itu, karena harus mendampingi Kepala Pelatih Timnas Senior dan U-23, Shin Tae-yong di Piala Asia U-23, Nova mengaku tetap mengikuti perkembangan latihan skuad Garuda Muda dari video-video yang dikirim staf pelatih.
 
"Saya lihat perkembangannya cukup bagus, itu yang saya lihat dari video-video tim pelatih yang kirim ke saya," ujar dia.

Baca juga: Nova puas pada kualitas pemain seleksi tahap kedua timnas U-16
 
Lebih lanjut dia membeberkan, motivasi para pemain sangat tinggi untuk mengikuti turnamen tersebut, karena berstatus sebagai juara bertahan dan juga tuan rumah.
 
Fakta itu membuat kepercayaan diri para pemain meningkat, sebab akan tampil di hadapan pendukung sendiri.
 
Skuad asuhan Nova Arianto mengikuti Piala AFF U-16 sebagai juara bertahan, karena menjadi pemenang pada edisi 2022, dengan menundukkan Vietnam dalam laga puncak.
 
Saat itu, skuad yang masih dilatih Bima Sakti Tukiman, mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0.

Baca juga: Shin Tae-yong: Masa depan sepak bola Indonesia cerah

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024