Jakarta (ANTARA) - Rencana Apple untuk kecerdasan artifisial (AI) di iPhone bisa membawa transkripsi real-time ke aplikasi Voice Memos dan Notes, menurut laporan dari AppleInsider.

Fitur baru ini diperkirakan akan hadir bersama iOS 18 dan kabarnya akan memungkinkan pengguna melihat transkripsi berjalan dari rekaman audio di kedua aplikasi tersebut.

Sementara Notes saat ini tidak memungkinkan pengguna merekam audio, rumor terpisah dari AppleInsider menunjukkan bahwa Apple berencana untuk menambahkan kemampuan ini juga di iOS 18.

Baca juga: Apple fokus kembangkan AI dan chip untuk iPhone 16

Transkripsi audio di kedua aplikasi tersebut terdengar sangat berguna terutama untuk mahasiswa atau jurnalis, yang dapat menghemat waktu dalam mentranskripsi kuliah atau wawancara yang panjang.

Hal ini juga akan membantu siapa pun yang hanya ingin melihat cepat Voice Memos tanpa harus mendengarkan rekaman mereka.

Adapun Notes, Apple berencana untuk melampaui transkripsi dengan menambahkan ringkasan yang didukung oleh AI. Perusahaan dapat menambahkan opsi untuk menghasilkan ringkasan teks dari audio yang direkam.

Baca juga: Apple masuki tren AI, luncurkan chip M4 berkinerja cepat dan kuat

Layanan transkripsi audio seperti Otter menawarkan fitur serupa, tetapi menempatkan kemampuan tersebut langsung di iPhone bisa membantu mengurangi ketergantungan pada aplikasi pihak ketiga.
.
Selama konferensi laporan keuangan awal bulan ini, CEO Apple Tim Cook menekankan bahwa fitur AI perusahaan akan memiliki "fokus yang teguh pada privasi".

Makalah penelitian Apple menunjukkan bahwa perusahaan akan memproses permintaan AI sederhana langsung di iPhone, sambil mengirimkan permintaan yang lebih kompleks ke server pihak ketiga.

Baca juga: Apple lakukan pembicaraan dengan OpenAI-Google terkait AI di iOS 18

Notes dan Voice Memos bukanlah satu-satunya aplikasi yang dikabarkan akan mendapatkan perlakuan AI di iOS 18.

Laporan lain menunjukkan bahwa Apple berencana untuk memperkenalkan lebih banyak fitur AI ke Siri, yang pada akhirnya dapat menganalisis dan merangkum teks di aplikasi Pesan. Mungkin juga menambahkan fitur ringkasan halaman web baru dalam Safari. Demikian disiarkan The Verge, Jumat (10/5).

Baca juga: CEO Apple soroti rencana besarnya kembangkan AI di 2024

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024