Moskow (ANTARA) - Surat kabar The Washington Post mengungkap bahwa pemerintahan Presiden Amerika Serikat Joe Biden menawarkan intelijen rahasia kepada Israel yang akan membantu menemukan pemimpin gerakan Palestina Hamas dan menemukan infrastruktur bawah tanahnya di Jalur Gaza.

The Post, dengan mengutip sejumlah sumber yang tidak disebutkan namanya, menyatakan tawaran itu untuk imbalan agar Israel menolak operasi militer skala penuh di Rafah.

Para pejabat AS juga menawarkan bantuan menyediakan ribuan tempat perlindungan bagi warga Palestina yang dievakuasi dari Rafah, kata laporan yang diterbitkan harian tersebut pada Sabtu (11/5).

Washington juga bekerja sama dengan Kairo untuk menemukan dan menutup terowongan yang melintasi perbatasan antara Mesir dan Jalur Gaza di wilayah Rafah, yang digunakan Hamas untuk mengisi kembali pasokan militer, lanjut laporan itu.

Pada Senin (6/5) malam hingga Selasa (7/5), tentara Israel memulai operasi militer di bagian timur Rafah dan menguasai sisi Gaza di persimpangan Rafah dengan Mesir. Pihak berwenang Israel mengatakan operasi tersebut bertujuan untuk melenyapkan sisa batalion gerakan Palestina Hamas di Jalur Gaza.

Sedangkan pada Jumat (10/5), media Israel melaporkan bahwa kabinet militer Israel telah menyetujui perluasan operasi darat di Rafah.

Sebagaimana diwartakan, laporan The Times of Israel yang mengutip dua pejabat Israel mengemukakan bahwa Yahya Sinwar, pemimpin Hamas di Jalur Gaza, mungkin masih berada di dalam terowongan bawah tanah Kota Khan Yunis di Gaza selatan.

Para pejabat itu tidak dapat memastikan secara pasti lokasi Sinwar, tetapi data intelijen Israel menyatakan dia mungkin berada di terowongan bawah tanah di Khan Younis, sekitar 8 kilometer sebelah utara Rafah.

Wall Street Journal (WSJ), yang mengutip para pejabat, melaporkan pada Januari bahwa Israel sejauh ini hanya berhasil merusak atau melumpuhkan 20 hingga 40 persen terowongan bawah tanah Hamas di Jalur Gaza.

WSJ juga menyebut adanya kesulitan dalam memperkirakan luas jaringan terowongan bawah tanah itu.

Pada bulan yang sama, dengan mengutip para pejabat Israel, New York Times menulis bahwa tentara Israel memperkirakan jaringan terowongan yang dibangun oleh Hamas di bawah Jalur Gaza mungkin jauh lebih besar dari yang diperkirakan dan akan memakan waktu bertahun-tahun untuk menghancurkannya secara total.

Sumber: Sputnik

Baca juga: Hamas sebut sandera tewas akibat pengeboman oleh Israel
Baca juga: Media Israel: Pemimpin Hamas mungkin ada di terowongan Khan Younis
Baca juga: Netanyahu mengaku gagal lindungi warga Israel ketika serangan Hamas

Penerjemah: M Razi Rahman
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2024