Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pemberitaan di DKI Jakarta dalam sepekan menjadi sorotan, mulai dari upaya penertiban juru parkir liar di minimarket, mantan Menteri ESDM Sudirman Said yang masuk bursa Pilgub lewat jalur perseorangan hingga Lebaran Tenabang 2024.

Berikut lima pemberitaan DKI Jakarta selama sepekan yang masih dapat dinikmati para pembaca untuk mengawali pagi di akhir pekan ini:

1. DKI tertibkan juru parkir liar di minimarket

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai menertibkan juru parkir liar di minimarket Ibu Kota, menyusul keresahan masyarakat terhadap maraknya mereka selama ini.

"Sudah mulai operasi (pengamanan) dari kemarin (7/5). Hal ini pastinya agar tidak meresahkan masyarakat," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat ditemui di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu.

Selengkapnya di sini

2. Dinas KPKP DKI mulai periksa kesehatan hewan kurban

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta mulai memeriksa kesehatan hewan kurban yang masuk ke wilayahnya untuk memastikan seluruhnya aman dikonsumsi saat Idul Adha 1445 Hijriah.

"Pemeriksaan akan kami mulai pada 13 Mei," kata Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya di sini

3. Sudirman Said maju Pilgub DKI melalui jalur perseorangan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta mengungkapkan bahwa mantan Wakil Kapten Tim Pemenangan Anies-Muhaimin, Sudirman Said maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta melalui jalur perseorangan.

"Kemarin sore kami menerima tim dari Bapak Sudirman Said yang akan daftar jadi bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dari jalur perseorangan," kata Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Dody Wijaya di gedung KPU DKI Jakarta, Jumat.

Selengkapnya di sini
 
Pengunjung tengah mengantre untuk naik angkutan keliling di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (10/5/2024). ANTARA/Syaiful Hakim 

4. Libur panjang, pengunjung TMII diperkirakan capai 15 ribu orang

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang berada di kawasan Kelurahan Ceger, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Jumat, dipadati jumlah pengunjung dan para pengunjung menilai objek wisata tersebut sekarang lebih bagus.

Salah satu pengunjung asal Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, Okta mengaku datang ke TMII bersama anak dan orang tua untuk liburan dan bernostalgia semasa kecil.

Selengkapnya di sini

5. Tradisi palang pintu jadi pembuka Lebaran Tenabang 2024

Salah satu tradisi masyarakat Betawi, palang pintu, menjadi pembuka acara tahunan, Lebaran Tenabang 2024 di Jalan K.H Mas Mansyur, Jakarta Pusat, Sabtu.

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Chaidir mengatakan Lebaran Tenabang menjadi acara silaturahmi bagi warga Tanah Abang yang sebagian besar sudah berpindah ke daerah penyangga di kawasan Bodetabek.

Selengkapnya di sini
 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024