Ini momentum yang tepat untuk gunakan VAR. Saya pikir VAR bisa bawa fair play.
Jakarta (ANTARA) - Madura United menyambut baik penggunaan Virtual Assistant Referee (VAR) pada babak Championship Series Liga 1 Indonesia musim ini.
 
Dikutip dari laman resmi Liga Indonesia, Minggu, pelatih Madura United Mauricio Souza menilai penggunaan VAR akan meningkatkan kualitas pertandingan dan meminimalisir kesalahan keputusan wasit.
 
"Saya pikir ini momentum yang tepat untuk gunakan VAR. Saya pikir VAR bisa bawa fair play. Saya pikir VAR bagus di momen ini. Saya berharap pada musim depan sudah ada VAR sejak mulai kompetisi," ungkap Mauricio.

Baca juga: VAR untuk kualitas tinggi pertandingan dan kompetisi sepak bola kita
 
Sementara itu, kapten Madura United Fachruddin Aryanto mengaku sangat senang dengan penggunaan VAR dan yakin sepak bola Indonesia dapat terus berkembang.
 
"Ini bukti perkembangan sepak bola di Tanah Air. Saya berharap ini bisa menjadi titik awal kebangkitan sepak bola Nasional," jelas Fachruddin.
 
Diketahui PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi BRI Liga 1 2023/24, mensosialisasikan penggunaan Video Assistant Referee (VAR) dalam babak Championship Series kepada skuad Madura United FC, Jumat (10/5) lalu.
 
Petugas memeriksa monitor Video Assistant Referee (VAR) di lapangan sebelum pertandingan final Elite Pro Academy (EPA) U-20 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Kamis (7/3/2024). . ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/tom. (ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA)

Baca juga: PSSI akan sosialisasikan pemeriksaan VAR kepada semua peserta Liga 1
 
Tim pelatih dan pemain Madura United mengikuti sosialisasi yang bertujuan untuk memberikan pemahaman menyeluruh tentang penggunaan VAR dalam pertandingan sepak bola.
 
Madura United menjadi tim terakhir peserta babak Championship Series yang mendapat kesempatan sosialisasi penerapan VAR, sebelumnya LIB telah melakukan sosialisasi kepada Persib Bandung, Bali United FC, dan Borneo FC.
 
Selanjutnya penggunaan VAR akan diterapkan pada babak Championship Series BRI Liga 1 2023/24, termasuk saat Madura United menjamu Borneo FC Samarinda di Stadion Gelora Bangkalan (SGB), Rabu (15/5) mendatang.

Baca juga: Madura United lolos ke Championship Series Liga 1 2023/2024
Baca juga: Erick jelaskan lagi alasan penerapan VAR untuk Liga 1 ditunda

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024