Dari jumlah tersebut, volume penumpang diprediksi masih akan terus naik, karena penjualan secara online dan go show melalui loket di stasiun masih terus berlangsung
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta menyampaikan bahwa jumlah pengguna layanan kereta api jarak jauh selama periode libur panjang Kenaikan Yesus Kristus terus bertambah hingga melebihi 139 ribu penumpang berdasarkan data hari ini.

“Dari jumlah tersebut, volume penumpang diprediksi masih akan terus naik, karena penjualan secara online dan go show melalui loket di stasiun masih terus berlangsung,” ucap Ixfan di Jakarta, Sabtu.

Pihaknya mencatat bahwa berdasarkan data pada Kamis (9/5), tiket yang telah dipesan selama masa libur dan cuti Kenaikan Yesus Kristus kali ini sejumlah 115 ribu tiket. Angka tersebut naik menjadi 125 tiket berdasarkan data pada Jumat (10/5).

Untuk mengantisipasi peningkatan volume pelanggan saat libur panjang Kenaikan Yesus Kristus kali ini, ia menyatakan bahwa KAI Daop 1 Jakarta menambah frekuensi perjalanan kereta api sejak Rabu (8/5).

Beberapa kereta api tambahan tersebut termasuk Argo Cheribon relasi Gambir-Cirebon, Argo Parahyangan Gambir-Bandung, Taksaka Tambahan relasi Stasiun Gambir-Yogyakarta, dan Manahan Gambir-Yogyakarta.

“Peningkatan jumlah perjalanan kereta api ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, terutama pada masa high season seperti long weekend pekan ini,” ujar Ixfan.

Ia menyampaikan bahwa dari 139 ribu lebih penumpang yang berangkat dari wilayah operasional KAI Daop 1 Jakarta tersebut, 67.500 penumpang naik dari Stasiun Pasar Senen dan 46 ribu penumpang dari Stasiun Gambir.

Sedangkan, 25.600 penumpang lainnya berangkat dari Stasiun Bekasi, Stasiun Cikampek, Stasiun Karawang, Stasiun Cikarang, Stasiun Jatinegara, dan Stasiun Jakarta Kota.

Terkait jumlah penumpang pada Sabtu ini, Ixfan mengatakan bahwa terdapat total 20 ribu penumpang berangkat dari berbagai stasiun di wilayah operasional KAI Daop 1 Jakarta.

Sebanyak 9.500 penumpang naik dari Stasiun Pasar Senen dengan dilayani oleh 31 perjalanan kereta api jarak jauh, 6 ribu penumpang dari Stasiun Gambir dengan 32 perjalanan, serta 4 ribu penumpang dari berbagai stasiun lainnya.

Baca juga: Penjualan tiket KA Daop 6 capai 93 persen saat libur panjang
Baca juga: Daop 7 sediakan 13.910 kursi selama libur panjang Kenaikan Isa Almasih


Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024