Medan (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan, Sumatera Utara menurunkan petugas medis untuk melayani jamaah dalam penyelenggaraan ibadah haji 2024.

"Ada empat perawat yang akan bertugas pada ibadah haji ini," kata Manajer Hukum dan Humas RSUP Haji Adam Malik Medan Rosario Dorothy Simanjuntak di Medan, Sabtu.

Ia mengatakan empat petugas medis tersebut akan bergabung dengan tim kesehatan di bawah naungan Kementerian Kesehatan ini untuk membantu jamaah haji dalam penanganan medis.

"Selain memberikan pelayanan kepada para jamaah, petugas medis itu juga mengerjakan ibadah haji sebagai kewajiban agama," ucapnya.

Sekretaris Majelis Kegiatan Rohani Islam (MKRI) RSUP Haji Adam Malik Medan Kamal Basri Siregar mengatakan keberangkatan perawat tersebut merupakan gabungan pegawai yang akan berangkat pada pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

“Semoga menjadi haji yang mabrur dan sehat pulang kembali ke tanah air. Semoga nanti bisa menjadi contoh panutan yang terbaik di dalam kehidupan sehari-hari, terutama di lingkungan kita di RSUP Haji Adam Malik,” ucapnya.

Baca juga: Penderita diabetes disarankan perhatikan kondisi kaki selama berhaji

Pada kesempatan itu juga diserahkan pula bingkisan kepada jamaah dan petugas haji, yang disampaikan Kamal bersama Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) RSUP Haji Adam Malik Medan Cherry Siregar.

Sebelumnya, Kepala Seksi Lansia, Disabilitas, dan PKP3JH Daker Madinah dokter Leksmana menyarankan jamaah calon haji Indonesia untuk membawa obat-obatan, seperti antidiare, obat pencernaan, obat pereda nyeri, obat alergi, hingga obat flu dan batuk.

"Gangguan pencernaan, seperti diare, muntah, atau sakit perut, yang disebabkan oleh perubahan pola makan, air minum yang berbeda, dan sanitasi yang mungkin tidak memadai perlu diwaspadai," ujarnya di Madinah, Jumat(10/5).

Jamaah calon haji Indonesia mulai berangkat ke Arab Saudi pada 12 Mei 2024. Tahun ini, terdapat 241.000 peserta, terdiri atas 213.320 haji reguler dan 27.680 haji khusus.

Data Kemenag mencatat tahun ini ada sekitar 45.000 peserta calon haji reguler dengan usia 65 tahun ke atas. Di tengah cuaca panas Tanah Suci, jamaah perlu menjaga kondisi fisik tetap bugar dan sehat.

Baca juga: Calon haji diimbau olahraga ringan jelang berangkat ke Tanah Suci
Baca juga: PPIH pastikan kesiapan hotel di Madinah sambut jamaah
Baca juga: Bus Shalawat layani 7.884 CJH di Asrama Haji Sudiang

 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024