Jaga kondisi fisik, terapkan pola makan dan hidup sehat, serta tinggalkan aktivitas yang tidak terlalu penting
Penajam Paser Utara (ANTARA) -
Calon jamaah haji Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), diimbau untuk mulai olahraga ringan secara rutin jelang keberangkatan ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji di Makkah dan Madinah, Arab Saudi.

"Usahakan calon haji jaga kebugaran dengan berolahraga ringan setiap hari jelang keberangkatan," ujar Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Penajam Paser Utara Muhammad Syahrir di Penajam, Sabtu.

"Jaga kondisi fisik, terapkan pola makan dan hidup sehat, serta tinggalkan aktivitas yang tidak terlalu penting," ujarnya.
 
Kebugaran calon haji harus dijaga, kata dia, karena kondisi cuaca di Tanah Suci dan Tanah Air berbeda, butuh ketahanan fisik yang maksimal.

Baca juga: Menag imbau calon jamaah haji siapkan kebugaran fisik

Selain itu, lanjutnya, Ibadah haji merupakan ibadah yang memerlukan ketahanan fisik, utamanya saat memasuki puncak haji hingga setelahnya. "Jangan sampai peserta haji kelelahan," ucapnya.
 
Calon jamaah haji Kabupaten Penajam Paser Utara masuk kelompok terbang (kloter) 16 yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Kota Balikpapan pada 5 Juni 2024.
 
Kondisi kesehatan sebanyak 141 calon haji yang diberangkatkan sangat baik, kata dia, karena mereka sudah menjalani tes kesehatan, serta divaksin flu dan meningitis. 
 
Ia mengatakan pemeriksaan kesehatan calon haji tahun ini lebih diperketat. Mereka sudah menjalani pemeriksaan kesehatan melalui Medical Check Up (MCU) di pusat layanan kesehatan kabupaten, tidak di embarkasi.

Baca juga: Kemenag luncurkan gerakan senam haji untuk jaga kebugaran jamaah
 
Hasil pemeriksaan kesehatan dikirimkan kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk mendapat rekomendasi diperbolehkan atau tidak melunasi biaya haji dan kemudian diberangkatkan ke Tanah Suci. 

Para calon haji Kabupaten Penajam Paser Utara juga telah menjalani pembinaan atau manasik haji yang dilaksanakan pada masing-masing kecamatan dan tingkat kabupaten sebelum diberangkatkan.
 
Calon haji bakal didampingi lima petugas kelompok terbang yang terdiri dari dokter, perawat, ketua kloter, dan petugas haji daerah.

Baca juga: Calon jamaah haji lansia diimbau jaga kebugaran jelang berangkat haji
 

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024