PLN IP hadir untuk berkontribusi nyata kepada bangsa dan negara, baik dari sisi pemenuhan kebutuhan listrik maupun kesejahteraan masyarakat
Jakarta (ANTARA) - PT PLN Indonesia Power (PLN IP) memborong 14 penghargaan dalam ajang Corporate Social Responsibility (CSR) dan Pengembangan Desa Berkelanjutan (PDB) Award Tahun 2024, yang digelar Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, mengatakan, penghargaan diberikan karena perusahaan dinilai berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program berkelanjutan.

Menurut dia, kehadiran Unit Pembangkit PLN Indonesia Power tidak hanya memberikan jaminan keandalan pasokan listrik saja, namun telah membawa manfaat bagi masyarakat sekitar.

"PLN IP hadir untuk berkontribusi nyata kepada bangsa dan negara, baik dari sisi pemenuhan kebutuhan listrik maupun kesejahteraan masyarakat," kata Edwin.

Penghargaan CSR dan PDB Award Tahun 2024 diserahkan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Jakarta, Rabu (8/5/2024).

Wapres pun menyampaikan apresiasinya atas program CSR yang telah dijalankan BUMN, perusahaan swasta, maupun badan usaha milik desa (BUMDes) sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah dalam mencapai target pembangunan serta dapat bermanfaat bagi masyarakat di pedesaan.

"Saya mengapresiasi BUMN, perusahaan swasta, dan BUMDes, yang terus berkomitmen dalam aktivitas CSR-nya serta terus membantu pemerintah dalam mencapai target pembangunan," ujar Ma'ruf Amin.

Edwin menambahkan PLN Indonesia Power telah melaksanakan sejumlah program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya adalah Menyusur Mangrove Berdayakan Masyarakat dan Alam Raya (Menyama Braya) serta Ketahanan Pangan Keluarga Usir Stunting (Ketapang Kuning).

Kedua program tersebut telah terbukti membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat, baik dari sisi kesehatan, pendidikan, dan ekonomi, sebutnya.

"Penghargaan ini selayaknya tidak membuat puas dan bangga yang berlebih, namun hal ini akan menjadi booster bagi kami untuk terus meningkatkan kinerja serta memberikan manfaat lebih bagi masyarakat," ungkap Edwin.

Penghargaan itu merupakan apresiasi kepada perusahaan BUMN, swasta dan BUMDes, yang berkontribusi dalam program pembinaan, pendampingan, dan pengembangan desa melalui program CSR.

Adapun ke-14 penghargaan yang diboyong oleh 12 unit PLN Indonesia Power pada ajang CSR & PDB Awards 2024 tersebut adalah:

1. PT PLN Indonesia Power UBP Priok - PREMIUM GOLD
2. PLN Indonesia Power UBP Priok - GOLD
3. PT PLN Indonesia Power UBP Bali PLTDG Pesanggaran - GOLD
4. PT PLN Indonesia Power UBP Jabar 2 Pelabuhan Ratu - GOLD
5. PT PLN Indonesia Power UBP Banten 3 Lontar - GOLD
6. PT PLN Indonesia Power UBP Semarang - GOLD
7. PT PLN Indonesia Power UBP Keramasan UP Indralaya - GOLD
8. PT PLN Indonesia Power UBP Keramasan UP Keramasan - GOLD
9. PT PLN Indonesia Power UBP Jeranjang - GOLD
10. PT PLN Indonesia Power UBP Jeranjang - SILVER
11. PT PLN Indonesia Power UBP Kamojang UP Lahendong - SILVER
12. PT PLN Indonesia Power UBP Labuan - SILVER
13. PT PLN Indonesia Power UBP Bali UP Pemaron - SILVER
14. PT PLN Indonesia Power Unit Bisnis Pemeliharaan (UBH) - BRONZE

Baca juga: PLN Indonesia Power penuhi kebutuhan listrik masa depan dengan EBT
Baca juga: PLN Indonesia Power raih penghargaan dari "World Safety Organization"
Baca juga: PLN Indonesia Power dukung target NDC melalui perdagangan karbon

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024