Jakarta (ANTARA) - Meskipun tidak selalu mengindikasikan adanya masalah pada mesin kendaraan, pengguna sepeda motor sebaiknya waspada jika knalpot kendaraan mengeluarkan asap putih.

Menurut informasi yang disiarkan di laman resmi Suzuki, asap putih yang mengepul saat motor pertama kali dinyalakan pada pagi hari yang dingin bukan penanda masalah mesin, karena berasal dari uap air yang terbentuk dari pembakaran internal mesin.

Namun, asap putih yang keluar saat mesin kendaraan panas bisa jadi merupakan penanda adanya masalah serius pada kendaraan.

Dalam kondisi tertentu oli mesin bisa terbakar di ruang bakar dan menghasilkan asap putih karena ring piston aus, seal katup yang rusak, dan oli mesin terlalu penuh.

Biasanya, asap putih akibat oli terbakar berwarna kebiruan dan disertai dengan oli mesin yang cepat berkurang.

Asap putih juga bisa muncul karena kebiasaan pengendara menarik gas mendadak atau berkendara menanjak dalam waktu lama, yang dapat membuat oli terhisap lebih banyak ke ruang bakar dan terbakar sebagian. 

Tanda Masalah

Keluarnya asap putih dari knalpot menandakan adanya kebocoran pada head gasket --penyekat antara blok mesin dan kepala silinder yang berfungsi untuk mencegah kebocoran cairan pendingin mesin ke ruang bakar-- jika berlangsung terus-menerus, tidak berkurang setelah mesin panas, dan disertai bau amis menyengat.

Asap putih yang disertai dengan penurunan tenaga mesin signifikan dan suara mesin berisik mengindikasikan kerusakan pada komponen internal mesin akibat ring piston aus, dinding silinder tergores, dan klep tidak menutup rapat.

Kerusakan tersebut menyebabkan kompresi mesin berkurang sehingga performa mesin menurun dan oli mesin terbakar tidak sempurna sehingga menghasilkan asap putih.

Asap putih yang disertai kenaikan cepat temperatur mesin dan mesin yang menjadi mudah panas bisa mengindikasikan adanya masalah pada sistem pendingin mesin, yang dapat terjadi karena kekurangan cairan pendingin, kerusakan termostat, dan pompa air tidak berfungsi optimal.

Kondisi yang demikian mengakibatkan pembakaran mesin tidak terkendali dengan baik sehingga oli mesin bisa terbakar dan menghasilkan asap putih.

Cara Penanganan

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah yang menyebabkan asap putih keluar dari knalpot sepeda motor.

  • Merawat kendaraan dengan melakukan servis berkala, menggunakan pelumas yang tepat, dan memeriksa level oli
  • Mengganti filter oli secara berkala sesuai jadwal servis serta menggunakan bahan bakar berkualitas yang sesuai dengan spesifikasi motor
  • Membersihkan filter udara secara berkala sesuai jadwal servis agar filter udara tidak kotor serta mengganggu suplai udara bersih ke mesin dan menyebabkan proses pembakaran tidak sempurna
  • Membersihkan injector bahan bakar agar tidak kotor dan mengganggu semprotan bahan bakar sehingga pembakaran menjadi tidak optimal dan menghasilkan asap putih.
  • Membersihkan karburator secara berkala di bengkel resmi agar berfungsi baik dan tidak menyebabkan asap putih keluar dari knalpot.
  • Memeriksa dan mengatur tekanan ban sesuai dengan spesifikasi motor untuk memastikan mesin pembakaran berjalan optimal.


Jika setelah melakukan langkah-langkah tersebut asap putih masih keluar dari knalpot motor, maka pemilik kendaraan sebaiknya membawa kendaraan ke bengkel resmi untuk diperiksa lebih lanjut.

Baca juga: Kenali "penyakit" mesin diesel dari warna asap knalpot
Baca juga: Hal-hal yang harus diperhatikan saat memilih oli mesin sepeda motor

Pewarta:
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024