Jakarta (ANTARA) - Pabrikan otomotif asal China BYD resmi menghadirkan kendaraan elektrik terbaru mereka melalui SUV Sea Lion 07 yang menggunakan platform elektronik baru 3.0 Evo dan merupakan tambahan terbaru pada seri BYD Ocean.

CarnewsChina, Jumat (10/5), melaporkan bahwa BYD Sea Lion 07 mengambil inspirasi dari mobil konsep Ocean-X, yang meneruskan bahasa desain BYD Seal. Mobil yang sudah banyak ditunggu oleh penggemarnya itu memiliki bagian luar yang terlihat halus dan bergaya, dengan lampu depannya mirip BYD Seal.

Kemiripan BYD Sea Lion 07 dengan Seal masih berlanjut hingga ke bagian belakang, kendaraan itu juga menawarkan pegangan pintu yang dapat dibuka. Meski eksteriornya menyerupai sedan BYD Seal, BYD telah mengintegrasikan Sea Lion 07 dengan banyak inovasi.

Baca juga: BYD kenalkan konsep Ocean-M, hatchback listrik dengan desain agresif

Menggunakan E-Platform 3.0 Evo, BYD Sea Lion 07i mengalami peningkatan integrasi powertrain dan kemampuan pengisian daya yang juga sudah ditingkatkan. Dengan teknologi integrasi CTB (baterai sel-ke-tubuh) yang sudah ditingkatkan, BYD mengeklaim bahwa akan meningkatkan keselamatan dari tabrakan depan sebesar 60 persen, ketahanan terhadap deformasi kabin penumpang sebesar 50 persen.

Kekuatan bodi BYD Sea Lion 07  juga ditingkatkan menjadi lebih dari 60 persen dibandingkan standar industri, dan intrusi kabin penumpang selama tabrakan kurang dari 5 milimeter, keseluruhan fitur itu meningkatkan keselamatan untuk para penumpangnya.

Sistem e-drive pintar 12-in-1 memiliki motor produksi berkecepatan tertinggi di dunia (23.000 rpm), dengan kecepatan tertingginya mencapai 225 kilometer/jam. Sistem motor listrik inovatif BYD menggabungkan komponen-komponen penting menjadi satu unit sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan keandalan saat dikendarai.

Baca juga: Mencoba performa BYD Seal, sedan listrik dengan akselerasi mengesankan

Mobil baru dari BYD itu hadir dengan tiga powertrain yang dapat dipilih, yaitu, model penggerak dua roda dilengkapi motor listrik dengan tenaga yang dihasilkan mencapai 230 kW dan 170 kW.

Model penggerak empat roda memiliki dua motor yang menghasilkan tenaga maksimal sebesar 160 kW dan 230 kW, sementara model motor tunggal menawarkan dua pilihan jangkauan yaitu 550 kilometer dan 610 kilometer serta model motor ganda memiliki jangkauan 550 km.

Torsi maksimum mobil ialah 380 Nm, dengan waktu akselerasi 0-100 masing-masing 7,3 detik dan 6,7 detik dengan kapasitas baterai masing-masing 71,8 kWh dan 80,64 kWh.

BYD Sea Lion 07 dapat mengisi daya 10 – 80 persen dalam 25 menit. Mobil itu dapat sepenuhnya memanfaatkan kapasitas maksimum pengisian cepat DC publik GB15 (standar jaringan pengisian daya Tiongkok) yang ada, sebesar 180kW (750V / 250A).

Sea Lion 07 adalah kendaraan BYD pertama yang menampilkan DiPilot 100 “God's Eye” ADAS yang terintegrasi dengan 12 radar ultrasonik, radar gelombang 5 mm, dan 11 kamera. Fitur canggih lainnya juga sudah tersemat seperti bantuan pengemudi L2 tingkat lanjut, termasuk bantuan penjaga jalur, kontrol jelajah adaptif, bantuan keberangkatan jalur, pengenalan rambu lalu lintas, dan kontrol kecepatan cerdas.

Baca juga: Toyota berencana pakai platform BYD untuk 3 model PHEV di China

Baca juga: Avatr 07 EREV siap bertarung dengan Tesla Model Y

Baca juga: Xiaomi SU7 rusak setelah 39 kilometer dan tidak dapat diperbaiki

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024