Beijing (ANTARA) - Otoritas China mengeluarkan rencana aksi mengenai tujuan dan jadwal pengendalian dan pemberantasan penyakit parasit utama dalam beberapa tahun ke depan.

Rencana untuk periode 2024 hingga 2030, yang dirilis oleh 15 departemen pemerintah termasuk Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Nasional China, menetapkan bahwa pada 2025 lebih dari 50 persen wilayah dengan prevalensi ekinokokosis --penyakit dari cacing pita-- harus telah memenuhi standar pengendalian epidemi.

Per 2025, tingkat kejadian penyakit kala-azar di wilayah-wilayah utama harus dikendalikan hingga di bawah 1 per 10.000. 

Pada 2025 dan 2030, tingkat infeksi cacing hati di provinsi-provinsi utama disebutkan harus diturunkan masing-masing lebih dari 5 persen dan 15 persen, papar rencana tersebut.

Garis Besar China Sehat 2030 mengusulkan bahwa pada 2030 semua wilayah pada dasarnya akan telah berhasil mengendalikan prevalensi penyakit-penyakit parasit utama seperti ekinokokosis.

Untuk mencapai target pencegahan dan pengendalian, rencana tersebut menetapkan strategi serta langkah-langkah pencegahan dan pengendalian yang disasar, termasuk memperkuat pengendalian sumber infeksi dan meningkatkan pengelolaan inang perantara.  

Pewarta: Xinhua
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2024