Medan (ANTARA) -
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerjunkan sebanyak 140 inspektur untuk memeriksa kelaikudaraan dan pengoperasian setiap pesawat udara ditumpangi jamaah calon haji reguler di tiga embarkasi/debarkasi.
 
"Kami terjunkan seluruh personel otoritas bandar udara 140 inspektur untuk melayani musim haji tahun ini," ungkap Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah II - Medan Sokhib Al Rokhman di Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat.

Baca juga: Garuda Indonesia siapkan 14 pesawat angkut jamaah haji 2024
 
Ke-140 inspektur penerbangan ini, kata dia, terdiri atas angkutan udara, keamanan penerbangan, kelaikudaraan dan pengoperasian pesawat udara, serta inspektur bandar udara.
 
Para inspektur itu tersebar pada tiga bandar udara internasional, yakni Hang Nadim Batam di Kepulauan Riau, Kualanamu Deli Serdang di Sumatera Utara, dan Sultan Iskandar Muda Aceh Besar di Aceh.

Baca juga: Dinkes DKI ingatkan calon haji lakukan senam saat di pesawat
 
Adapun tugas para inspektur ini melakukan ramp check (inspeksi keselamatan) pesawat komersiil yang akan membawa jamaah calon haji reguler dari bandara udara tanah air ke tanah suci di Arab Saudi.
 
Hal ini dilakukan guna memenuhi keselamatan, keamanan, kenyamanan dan kepatuhan yang dikenal aspek 3S + 1C, yakni safety, security, services and compliance.
 
"Jadi 140 inspektur tersebut kami bagi di tiga embarkasi, yakni Kualanamu (Medan), Batam dan Aceh yang berkerja dalam 24 jam. Artinya menyesuaikan jadwal keberangkatan pesawat haji ," ujar Sokhib.

Baca juga: Pemkab Kotawaringin Timur sewa pesawat Rp1 miliar antar-jemput haji
 
Otoritas Bandar Udara Wilayah II - Medan memiliki wilayah kerja sebanyak enam bandar udara meliputi Sultan Iskandar Muda di Aceh Besar, dan Kualanamu Deli Serdang di Sumatera Utara.
 
Kemudian Silangit Tapanuli Utara di Sumatera Utara, Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru di Riau, Hang Nadim Batam di Kepulauan Riau, dan Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang di Kepulauan Riau.
 
"Insya Allah, jadi kami akan bekerja lagi pada tiga bandar udara internasional mulai tanggal 12 Mei hingga 21 Juli 2024," kata Sokhib.

Baca juga: Garuda Indonesia siapkan 14 pesawat untuk Haji 1445 H
 
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bertolak ke Arab Saudi guna mengecek persiapan akhir layanan haji di tanah suci menjelang keberangkatan jamaah calon haji pada 12 Mei 2024.
 
"Saya berangkat ke Saudi untuk melihat persiapan akhir layanan bagi jamaah haji Indonesia. Pengecekan saya lakukan baik di Makkah, Madinah, termasuk persiapan layanan di Arafah, Muzdalifah, dan Mina," ujar Menag Yaqut di Jakarta, Selasa (7/5).

Baca juga: Bandara Raja Haji Abdullah diupayakan dapat didarati pesawat besar
Baca juga: Indonesia-Sri Lanka peringati 50 tahun jatuhnya pesawat jemaah haji

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024