Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa hukum diwartakan Kantor Berita ANTARA pada Kamis (9/5), yang masih layak dibaca untuk informasi pagi ini.

1. Abdul Ghani didakwa terima gratifikasi Rp99,8 miliar
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendakwa Gubernur Maluku Utara nonaktif Abdul Ghani Kasuba telah menerima suap sebesar Rp5 miliar dan gratifikasi Rp99,8 miliar.

"Tim jaksa mendakwa dengan penerimaan suap senilai Rp5 miliar dan 60 ribu dolar AS disertai penerimaan gratifikasi senilai Rp99,8 Miliar dan 30 ribu dolar AS," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini

2. Lantamal X Jayapura gagalkan penyelundupan 13,43 kg ganja asal PNG
Satuan Kapal Patroli (Satol) Lantamal X Jayapura, Papua menggagalkan penyelundupan 13,43 kilogram narkotika jenis ganja asal Papua Nugini (PNG) di perairan Jayapura.

Asisten Operasi Komandan Lantamal X Jayapura Kolonel Laut (P) Yustus Nasarius Rossi di Jayapura, Kamis, mengatakan kasus tersebut terungkap saat tim Satrol Lantamal X Jayapura melakukan operasi keamanan rutin di Perbatasan RI-PNG.

Selengkapnya baca di sini

3. Keluarga korban senioritas STIP belum dihubungi keluarga pelaku
Keluarga dari korban meninggal dunia akibat senioritas di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Marunda Jakarta hingga saat ini mengaku belum pernah dihubungi keluarga pelaku.

“Belum, sampai sekarang saya wajahnya saja belum tau, keluarganya, ibunya, ayahnya, atau mungkin keluarga besarnya, sama sekali tidak ada permintaan maaf ke keluarga kami,” kata Nengah Rusmini, ibunda korban Putu Satria Ananta Rustika di Kabupaten Klungkung, Bali, Kamis.

Selengkapnya baca di sini

4. Rektor UNRI cabut laporan terkait mahasiswa kritik uang kuliah tinggi
Rektor Universitas Riau (Unri) Prof Sri Indarti mencabut laporan salah satu mahasiswanya, Khariq Anhar yang mengkritik tingginya uang kuliah di kampus tersebut di Kepolisian Daerah Riau, Kamis.

Sri Indarti mengakui membuat laporan untuk akun atas nama Aliansi Mahasiswa Penggugat yang mengunggah video tersebut, tapi tak ada niat untuk melakukan kriminalisasi kepada mahasiswanya sendiri.

Selengkapnya baca di sini

5. Tol Jakarta-Cikampek terapkan lalu lintas contraflow selama liburan
Petugas melakukan rekayasa lalu lintas contraflow di jalan Tol Jakarta-Cikampek menyusul padatnya kendaraan yang melintas pada hari libur Kenaikan Yesus Kristus 2024, Kamis.

VP Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol, Ria Marlinda Paallo, dalam keterangannya yang diterima di Karawang, Kamis, menyampaikan bahwa rekayasa lalu lintas contraflow diterapkan atas diskresi pihak kepolisian.

Selengkapnya baca di sini

Pewarta: Fauzi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024