Namun bila mana ada peningkatan, kami tambah satu kapal.
Batam (ANTARA) - PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Telaga Punggur, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), menambah satu armada kapal tujuan Tanjunguban, Bintan untuk mengantisipasi peningkatan penumpang pada momen libur panjang Kenaikan Yesus Kristus.

General Manager ASDP Telaga Punggur Nana Sutisna, di Batam, Kamis, mengatakan rute tujuan Tanjunguban normalnya dalam sehari ada empat kapal tiap satu jam sekali, pulang pergi.

"Namun bila mana ada peningkatan, kami tambah satu kapal. Iya pastinya kami lihat perkembangan situasi ke depan apabila penumpang tujuan Tanjunguban ada peningkatan pastinya kami menambah trip kapal," ujar Nana.

Ia menyebut situasi terkini di pelabuhan masih lancar dan kondusif untuk rute-rute yang dilalui oleh kapal roro, seperti Tanjunguban, Dabosingkep, Sei Selari, Riau dan Kualatungkal, Jambi.

Nana menambahkan kapal roro juga dimaksimalkan untuk jarak tempuhnya dari yang biasanya satu jam kini menjadi 45 menit, agar bisa optimal dan tidak terjadi keterlambatan.

“Jadi sistemnya kalau sudah penuh kapasitas kapal langsung jalan, dan ini akan terus berlanjut hingga trip terakhir pada malam hari,” kata dia.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat yang ingin melakukan perjalanan menggunakan kapal roro dapat menyesuaikan agenda keberangkatan kapal.

“Sebelum berangkat, masyarakat dapat terlebih dahulu membeli tiket, terlebih bagi mereka penumpang kendaraan,” ujar Nana.

Sebelumnya, PT ASDP Indonesia Ferry mengimbau pengguna jasa yang akan bepergian dengan kapal ferry khususnya di lintas Merak-Bakauheni agar membeli tiket sesuai jadwal untuk kelancaran lalu lintas pada cuti bersama Kenaikan Isa Almasih yang dimulai sejak Kamis (9/5) hingga Minggu (12/5).

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin dalam keterangan tertulisnya di Merak, Rabu (8/5), mengatakan melihat adanya tren kenaikan volume penumpang dan kendaraan mengingat libur panjang hingga akhir pekan maka pengguna jasa yang akan menuju pelabuhan sebaiknya terlebih dulu membeli tiket melalui aplikasi ataupun mitra resmi Ferizy.

Pengguna jasa penyeberangan pelabuhan agar dapat mempersiapkan keberangkatan sejak jauh hari, pastikan telah bertiket sebelum berangkat, dan tiba di pelabuhan sesuai dengan jadwal yang tertera di tiket untuk kelancaran arus lalu lintas.
Baca juga: ASDP siapkan dua kapal tambahan rute Tanjunguban-Batam
Baca juga: ASDP Batam layani 23 perjalanan kapal pada puncak arus balik

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024