melakukan penerbangan ke Mekah, dengan jadwal keberangkatan pada 12 Mei-10 Juni 2024 dan kepulangan 22 Juni-22 Juli 2024
Tangerang (ANTARA) - PT Angkasa Pura II (Persero) selaku pengelola utama Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Banten, memastikan kesiapan dalam memenuhi fasilitas dan layanan penerbangan angkutan haji 1445 Hijriah/2024 Masehi.

"Dengan persiapan yang matang dan penerapan standard tinggi dalam fasilitas dan pelayanan, Bandara Soekarno-Hatta berkomitmen menyediakan lingkungan yang aman, nyaman dan teratur bagi jamaah haji," ujar Senior Manager of Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta M. Holik Muardi di Tangerang, Kamis.

Menurutnya, selama menghadapi musim haji tahun 2024, Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah menetapkan standard tinggi dalam mempersiapkan fasilitas dan pelayanan untuk memudahkan jamaah calon haji melakukan penerbangan ke Mekah, dengan jadwal keberangkatan pada 12 Mei-10 Juni 2024 dan kepulangan 22 Juni-22 Juli 2024.

Dalam upaya memudahkan proses perjalanan tersebut, sebanyak 12 konter fast track keimigrasian Arab Saudi (Makkah Route) telah disiapkan di Terminal 2D. Melalui Makkah Route,  jemaah haji dapat melakukan pendaftaran dan verifikasi dokumen secara terpusat di Bandara Soetta, sehingga hal tersebut akan membantu dan mengurangi waktu yang diperlukan untuk proses administrasi jamaah haji.

"Kami menyadari pentingnya perjalanan ini bagi para jamaah haji dan kami bertekad untuk menjadikan pengalaman mereka di bandara ini sebagai bagian yang mulia dan tak terlupakan dari perjalanan spiritual mereka menuju Tanah Suci," tuturnya.

Baca juga: Garuda pastikan penerbangan reguler tetap jalan saat angkutan haji

Baca juga: Garuda Indonesia optimalkan kesiapan operasional jelang angkutan haji


Berbagai sarana fasilitas lainnya juga telah ditambahkan, seperti kursi pada ruang tunggu, penyediaan tempat ibadah (mushola), hingga penambahan toilet portable.

Dalam melayani pelaksanaan haji tahun ini, kata Holik, pihaknya akan mengerahkan total 3.296 personel guna kelancaran operasional selama keberangkatan dan kepulangan jamaah haji.

"Kami telah berkoordinasi dengan Kementerian Agama Republik Indonesia dan juga perwakilan Pemerintah Saudi Arabia dan lembaga terkait lainnya dalam menyiapkan fasilitas angkutan haji. Melalui koordinasi yang intensif, kami berupaya untuk memastikan bahwa setiap aspek perjalanan haji, mulai dari pendaftaran hingga kedatangan di Tanah Suci, berjalan dengan lancar dan efisien," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa Bandara Soekarno-Hatta sendiri memegang peran yang penting dalam proses haji sebagai gerbang utama bagi jamaah haji Indonesia.

Adapun pada tahun ini, Bandara Soekarno-Hatta menjadi titik keberangkatan untuk 128 kloter dari DKI Jakarta, Banten, Lampung dan Jabar di Embarkasi Asrama Haji Pondok Gede dan Bekasi dengan total 53.621 calon haji.

Baca juga: Bandara Batam siap layani angkutan haji

Baca juga: Kemenag-Garuda Indonesia teken MoU angkutan jamaah haji 2024

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024