Tanjung Selor (ANTARA) - Kodim 0911/Nunukan membangun akses jalan sepanjang 1,5 kilometer di salah satu desa perbatasan yaitu Desa Atap, Kecamatan Sembakung, Kabupaten Nunukan melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-120 2024.

“Yang dicapai dan menjadi fokus utama adalah membangun infrastruktur fisik berupa akses jalan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat,” kata Komandan Kodim (Dandim) 0911/Nunukan Letkol Inf Albert Frantesca Hutagalung, di Nunukan, Kamis.

Kegiatan TMMD telah dibuka melalui seremonial di lapangan Desa Atap, dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nunukan, Serfianus, Rabu (8/5/2024). TMMD akan berlangsung kurang lebih 30 hari kerja.

Baca juga: Sekdaprov Gorontalo sebut program TMMD percepat infrastruktur daerah

Serfianus menyampaikan apresiasi kepada Kodim 0911/Nunukan dan jajarannya atas program tersebut.

"Kami harapkan program TMMD ini dapat membangun desa-desa kita, khususnya Desa Atap, dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat," ujarnya.

Serfianus yang mewakili Pemkab Nunukan menyerahkan alat kerja secara simbolis kepada perwakilan TNI AD menjadi tanda dimulainya program TMMD Ke-120.

TMMD Ke-120 di Nunukan mengerjakan proyek pembukaan jalan baru sepanjang 1,5 kilometer di kawasan rencana relokasi permukiman penduduk banjir Sembakung.

Baca juga: TMMD di Kulon Progo fokus pembangunan infrastruktur di Ngargosari

Pembukaan akses jalan itu untuk mempermudah akses transportasi dan peluang ekonomi warga desa.

Personel TNI yang tergabung dalam TMMD juga membuat gorong-gorong untuk genangan air dan mencegah banjir yang kerap melanda desa.

“Saat ini, juga melalui TMMD, dilakukan rehabilitasi salah satu rumah warga karena sudah rumah tidak layak huni,” ujarnya.

Pemkab Nunukan juga mengajak tokoh masyarakat mendukung kelancaran program TMMD demi kemajuan desa dan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: TMMD Palangka Raya bangun jembatan 180 meter di daerah pinggiran

Serfianus mengatakan TMMD Ke-120 Nunukan tidak hanya tentang membangun infrastruktur, tetapi juga tentang membangun semangat gotong royong dan kemanunggalan TNI-AD dengan rakyat.

“Bersama TNI dan masyarakat, bahu-membahu mewujudkan desa yang maju dan sejahtera,” katanya.

Pewarta: Muh. Arfan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024