Menggunakan Kapal Perang KRI Mata Bongsang-873 yang mana tim ERB Papua akan menyambangi lima wilayah di kawasan 3T.
Jayapura (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Papua menyebutkan Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) 2024 bakal menyasar pulau terdepan, terluar, terpencil (3T) yang berada di perairan utara Bumi Cenderawasih.

Kepala Kantor Perwakilan BI Papua Faturachman, di Jayapura, Rabu, mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan pada 13-19 Mei.

“Dengan menggunakan Kapal Perang KRI Mata Bongsang-873 yang mana tim ERB Papua akan menyambangi lima wilayah di kawasan 3T,” katanya pula.

Menurut Faturachman, lima pulau 3T tersebut, yakni Pulau Pai, Owi, Yapen, Numfor, dan Bras yang berada di perairan utara.

“Selain kegiatan kas keliling ada juga edukasi Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah serta penyaluran Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada masyarakat dan sekolah di pulau-pulau tersebut,” ujarnya lagi.

Dia menjelaskan sebagai wujud dedikasi BI untuk negeri, PSBI akan diberikan dalam bentuk sembako dan peralatan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, seperti tas, alat tulis, laptop/komputer, printer, dan proyektor dengan total senilai kurang lebih Rp500 juta.

“ERB ini merupakan program rutin dari Bank Indonesia sesuai amanat UU No. 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang untuk melakukan pengelolaan uang rupiah,” katanya lagi.

Dia menambahkan, apalagi dalam pengelolaan uang rupiah yang di dalamnya termasuk pengedaran uang, pihaknya memiliki misi untuk menyediakan uang rupiah di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam jumlah yang cukup.
Baca juga: BI Papua Barat gandeng TNI AL gelar Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023
Baca juga: BI dan KRI Panah 626 tuntaskan Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023


Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024