Kendari (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), menyebutkan bahwa saat ini persiapan pemberangkatan jamaah calon haji tahun 2024 telah mencapai sekitar 90 persen.

Kepala Seksi Haji dan Umrah Kemenag Kota Kendari Sunardin, di Kendari, Rabu, mengatakan bahwa pihaknya terus memantapkan persiapan untuk pemberangkatan jamaah calon haji (JCH) itu.

"Untuk persiapan ibadah haji, khususnya di Kota Kendari, alhamdulillah sampai saat ini sudah sampai pada tahapan pembagian koper. Persiapan kita saat ini sudah berada pada angka 90 persen, tinggal menunggu penyusunan manifes penerbangan," kata Sunardin.

Baca juga: 2.494 calon haji Tangerang siap berangkat ke Tanah Suci mulai 13 Mei

Dia menyebutkan bahwa seluruh persiapan yang telah dilakukan, mulai dari penyiapan dokumen, visa, dan biaya telah tuntas dilakukan oleh JCH tersebut. Bahkan, pihaknya juga telah melaksanakan manasik, mulai dari manasik tingkat Kemenag Kota Kendari, hingga manasik di tingkat kecamatan.

"Jadi, ada dua kali manasik di Kemenag Kota Kendari dan delapan kali manasik di tingkat kecamatan," ujarnya.

Sunardin juga menyampaikan bahwa saat ini terdapat beberapa calon haji yang mundur karena berhalangan sakit dan tidak bisa melaksanakan ibadah haji tahun ini, sehingga terdapat pergantian oleh calon haji yang lainnya.

Baca juga: Kemenag Bangka berangkatkan 314 calon haji pada 15 Mei 2024

"Jadi, ada jamaah cadangan yang dipersiapkan ketika ada jamaah lain yang mengundurkan diri atau menunda keberangkatannya pada tahun depan," kata Sunardin.

Ia mengatakan bahwa saat ini JCH Kota Kendari sebanyak 500 orang dan terbagi dalam empat kloter penerbangan, yakni kloter 28, 29, 31, dan 35. Dengan rincian kloter 28 sebanyak 442 orang, kloter 29 sebanyak 54 orang, kloter 31 tiga orang, dan kloter 35 satu orang.

Baca juga: Jamaah calon haji Penajam Paser Utara diberangkatkan 4 Juni 2024

"Untuk Kota Kendari, terdapat seorang calon haji yang mengundurkan diri dengan alasan kesehatan. Saat ini yang bersangkutan masih fokus pemulihan diri, meskipun dari hasil MCU ia sebenarnya layak untuk berangkat," ujarnya.

 

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024