MUI membangun kerja sama dengan instansi pemerintah yang memiliki visi sejalan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga menandatangani nota kesepahaman antara KemenPPPA dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) tentang Sinergisitas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

"Dalam upaya menuntaskan lima arahan Presiden RI kepada KemenPPPA, kami terus memperkuat sinergi dan kolaborasi dengan berbagai stakeholder, salah satunya melalui penandatanganan nota kesepahaman bersama MUI. Kami berharap kerja sama ini dapat meningkatkan pemberdayaan perempuan, kesetaraan gender, dan perlindungan anak di Indonesia, terutama dengan dukungan organisasi keagamaan," kata Bintang Puspayoga dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Melalui nota kesepahaman ini, diharapkan kedua belah pihak dapat menyusun dan melaksanakan kebijakan terkait pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dalam pandangan keagamaan; meningkatkan peran perempuan dan keluarga dalam kesetaraan gender, pendidikan, kesehatan, sosial, ekonomi dan kewirausahaan; pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak.

Kemudian pencegahan perkawinan usia anak; dan pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak; menyediakan data terpilah dan informasi terkait pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak; serta meningkatkan lembaga layanan dalam upaya pemenuhan hak anak melalui organisasi keagamaan.

Sementara Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin yang hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa MUI memiliki dua visi dalam menjalankan tugas dan fungsinya, yaitu melayani umat dan mitra pemerintah. Selain itu, MUI juga memiliki komitmen dalam membangun masyarakat, umat, dan bangsa.

Oleh karenanya, MUI membangun kerja sama dengan instansi pemerintah yang memiliki visi sejalan.

“Hari ini MUI mengadakan Halal Bihalal dan mengundang banyak tokoh untuk menjahit kembali hubungan seluruh elemen bangsa. Tadi juga diadakan kerja sama kemitraan yang dilakukan oleh MUI untuk membangun kebersamaan dalam rangka berbagai upaya pemberdayaan," kata Ma'ruf Amin.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024