Jambi (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi, memperkuat pemasaran produk UMKM dengan menghadirkan galeri di daerahnya.

Ketua Dekranasda Kabupaten Muaro Jambi Faradilla Zahara di Jambi, Rabu, mengatakan Galeri Dekranasda Muaro Jambi itu menjadi tempat promosi produk UMKM, yang mana hasil produksi bisa dipromosikan dan diperjualbelikan melalui galeri tersebut.

"Galeri Dekranasda ini memberikan kemudahan bagi UMKM di Muaro Jambi untuk memasarkan produknya," kata dia.

Faradilla menyebutkan saat ini produk UMKM Muaro Jambi sudah cukup diminati masyarakat sampai ke tingkat nasional.

Meski begitu, kata dia, masih banyak pula produk UMKM yang berasal dari beberapa kecamatan dan desa yang sulit terjangkau konsumen.

"Masyarakat tidak bisa membeli produk karena lokasi UMKM-nya jauh, sehingga menyulitkan konsumen mendapatkan produk," katanya.

Dia menegaskan dengan kehadiran Galeri Dekranasda, nantinya produk UMKM Muaro Jambi dapat dipajang, sehingga membantu pelaku usaha yang belum memiliki galeri mandiri.

Dengan galeri itu, dia berharap bisa menjadi tempat bagi perajin di Muaro Jambi untuk mempromosikan hasil kerajinannya. Selain itu, galeri ini juga memotivasi para perajin dan pelaku usaha untuk meningkatkan mutu produk.

Ia menyebutkan Dekranasda Kabupaten Muaro Jambi telah berupaya memberikan pelatihan kepada perajin. Pelatihan yang diberikan bertujuan meningkatkan kualitas produk dan memperluas pemasaran.

Pelatihan yang telah diberikan itu meliputi pelatihan membatik di Pekalongan, pelatihan menganyam tikar pandan, menjahit, pelatihan pemanfaatan kain perca, pembuatan aksesoris.

Penjabat Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah mengapresiasi program Dekranasda untuk memperkuat pemasaran produk UMKM ini.

"Dengan galeri ini diharapkan UMKM Muaro Jambi semakin berkembang, sehingga memberikan dampak peningkatan perekonomian masyarakat," katanya.

Pewarta: Tuyani
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024