HK akan bersinergi, berintegrasi dengan Waskita Karya. Kami siap sesuai dengan kebijakan
Jakarta (ANTARA) - Staf Khusus III Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga menyatakan bahwa konsolidasi BUMN PT Waskita Karya dengan PT Hutama Karya (HK) akan rampung pada September 2024.

"Mudah-mudahan dalam waktu September sudah bisa jalan semua. Moga-moga sudah beres, sudah sah secara hukum," ujarnya dalam acara peresmian galeri dan vending machine Usaha Mikro Kecil (UMK) di HK Tower, Jakarta, Selasa.

Dalam konsolidasi itu, Waskita Karya akan menjadi anak usaha dari HK. Nantinya, masing-masing BUMN karya disebut akan memiliki spesialisasi agar tidak ada adu tender lagi.

"Target sederhana, mereka nggak akan adu-adu tender lagi, (tapi) HK dan Waskita ada spesialisasi. Yang lain juga punya spesialisasi sendiri, jadi antar-BUMN tuh gak akan tanding tender-tenderan lagi, gak banting-banting harga lagi," ungkap Arya.

Dia juga mengharapkan setiap BUMN bisa membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Karena apapun cita-citanya, lanjut dia, UMKM itu adalah tulang punggung ekonomi Indonesia, sehingga Arya menginginkan agar UMKM bisa lebih berkembang dan lebih baik lagi.

"Jadi saling support, membuat mekanisme yang baik antara BUMN dengan UMKM itu menjadi tujuan juga Pak Erick (Menteri BUMN) kepada kita semua," kata dia.

Wakil Direktur Utama HK Aloysius Kiik Ro menyatakan kesiapan untuk berkonsolidasi dengan Waskita Karya.

"HK akan bersinergi, berintegrasi dengan Waskita Karya. Kami siap sesuai dengan kebijakan," ucap Aloysius.

Baca juga: Hutama Karya targetkan seksi satu Tol Sibanceh rampung sebelum PON XXI
Baca juga: Hutama Karya resmikan galeri dan "vending machine" usaha mikro
Baca juga: Hutama Karya catat laba bersih Rp1,87 triliun


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024