Jakarta (ANTARA) - Sejumlah peristiwa terjadi di DKI Jakarta pada Selasa (7/5) mulai dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta melarang pemakaian material asbes pada bangunan rumah karena dapat memicu sejumlah penyakit bagi penghuninya hingga progres pembangunan MRT Fase 2A CP 201 yang meliputi Stasiun Thamrin dan Monumen Nasional (Monas) telah mencapai 75,83 persen hingga 25 April 2024

Berikut rangkuman berita kemarin selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca kembali.

 

1. Dinkes DKI larang warga pakai asbes karena bisa picu sejumlah penyakit

Dinas Kesehatan DKI Jakarta melarang pemakaian material asbes pada bangunan rumah karena dapat memicu sejumlah penyakit bagi penghuninya terkait tingginya kandungan karsinogenik di dalamnya.

"Kegunaannya yang luas menimbulkan risiko kesehatan yang signifikan seperti mempercepat radang dan meningkatkan risiko terkena kanker paru," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia di Jakarta, Selasa.

Berita selengkapnya klik di sini


2. DKI perkuat kerukunan umat jaga iklim tetap kondusif jelang pilkada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berusaha terus memperkuat kerukunan antar umat beragama sebagai salah satu upaya menjaga iklim kondusif di sejumlah wilayah menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024.

Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan Pilkada merupakan proses alamiah untuk menghadirkan pemimpin yang akan mengelola sebuah daerah termasuk Jakarta dan menghindari polarisasi agar tidak menjadi konflik.

Berita selengkapnya klik di sini

  3. Dinkes DKI ingatkan calon haji jangan sering keluar tenda saat wukuf

Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengingatkan para calon haji agar jangan sering keluar dari tenda saat wukuf untuk mengurangi kemungkinan terpapar sinar matahari dan risiko dehidrasi.

"Karena wukuf atau berdiam diri sejak dari terbit matahari hingga terbenam matahari, bisa jadi kejadian dehidrasi. Jangan sering keluar tenda," ujar Staf Pengelola Program Haji Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta dr. Ervien Ritandi Edwin.

Berita selengkapnya klik di sini

  4. Pengamat usul pengelola minimarket gandeng warga cegah parkir liar

Pengamat Tata Kota Universitas Trisakti Nirwono Yoga mengusulkan agar pengelola minimarket (toko kelontong) menggandeng warga melalui RT/ RW untuk mencegah munculnya parkir liar yang kondisinya sudah meresahkan di Jakarta.

"Pemilik toko atau pengelola minimarket perlu bekerjasama dengan pengurus lingkungan untuk mengoordinasikan dengan juru parkir yang semula liar agar menjadi menjadi resmi," kata Nirwono saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Berita selengkapnya klik di sini

  5. Pembangunan MRT Jakarta Fase 2A CP 201 capai 75,83 persen

Pembangunan MRT Fase 2A CP 201 yang meliputi Stasiun Thamrin dan Monumen Nasional (Monas) telah mencapai 75,83 persen hingga 25 April 2024.

"Per 25 April 2024, perkembangan pembangunan telah mencapai 75,83 persen," kata Kepala Divisi Corporate Secretary PT MRT Jakarta (Perseroda) Ahmad Pratomo di Jakarta, Selasa.

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024