Kuala Lumpur, Malaysia (ANTARA) — PT Dahana memamerkan produk hasil inovasi Energetic Material Center (EMC) di Pameran Defence Service Asia Exhibition and Conference (DSA) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertahanan dan Kementerian Dalam Negeri Malaysia di Malaysia International Trade and Exhibition Centre (MITEC) in Kuala Lumpur, Malaysia, 6-9 Mei 2024.

DSA 2024 merupakan acara dua tahunan yang mempertemukan para pembuat kebijakan, lembaga pertahanan dan keamanan, lembaga pemikir, dan pelaku industri pertahanan untuk mendiskusikan dan mempromosikan pengembangan teknologi dan sistem baru di bidang pertahanan dan keamanan.

Selain itu acara ini turut memamerkan teknologi, sistem, perangkat keras dan elektronik bidang pertahanan dan keamanan yang diikuti oleh 1200 perusahaan dari 60 negara di dunia, 33 paviliun grup internasional, 400 delegasi pertahanan asing, dengan target 50.000 pengunjung yang hadir.

Dalam pameran tersebut, Wakil Menteri Pertahanan Republik Indonesia M. Herindra turut hadir melakukan kunjungan kehormatan (Courtesy Call) dengan Menhan Malaysia Datok Mohammed Kholid Nordin di sela-sela acara DSA, Senin, 6 Mei 2024.

Wamenhan mengucapkan terimakasih atas undangan untuk menghadiri DSA 2024 di Malaysia. “Saya berharap kerjasama industri pertahanan antara Malaysia dan Indonesia dapat terus berlangsung dengan baik dan berkelanjutan".

Sementara itu, Direktur Teknologi dan Pengembangan Dahana Suhendra Yusuf RPN menuturkan, DAHANA sebagai anggota DEFEND ID memikul tanggung jawab bersama untuk mewujudkan cita-cita menjadi pemain penting dalam rantai pasok industri pertahanan global.

“Kehadiran Dahana ini merupakan upaya untuk menegaskan bahwa industri pertahanan Indonesia dapat bersaing dengan industri pertahanan dunia. Kami tetap optimis, Holding Defend ID dapat mencapai 50 besar perusahaan industri pertahanan terbaik di dunia,” ujar Suhendra di sela-sela pameran.

Khusus animo peserta expo dan visitor terhadapa Dahana, Suhendra Yusuf RPN menambahkan animo tersebut cukup tinggi, ditandai kunjungan dan pembicaraan bisnis dari delegasi negara Ukraina, Turkiye, Malaysia, dan Bulgaria. 

Dalam pameran tersebut, Dahana membawa mock up produk hasil rekayasa Energetic Material Center (EMC) seperti Bomb P Series, Bomb P 100 L, Bomb P 250 L, dan Bomb P 500 L yang diaplikasikan dalam pertempuran ataupun latihan untuk menghancurkan permukaan melalui pesawat jet tempur Sukhoi. 

Selain itu, Dahana juga memamerkan Roket Pertahanan 122B yang dapat digunakan untuk menghancurkan sasaran darat dengan jangkauan 25-30 km. serta Roket Pertahanan 450 dengan kaliber 450mm yang dapat menghancurkan sasaran darat dalam jangkauan minimal 100 km.

Dahana juga memamerkan mock up bahan peledak di lini komersial, seperti Dayagel Series, Dayagel Seismic, DANFO, Dayadet Non Electric Detonator, Dabex, dan Amonium Nitrat.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024