Jakarta (ANTARA) -
Wakapolda Metro Jaya Brigjen Polisi Suyudi Ario Seto menerima kunjungan kehormatan dari Dubes Jepang untuk Indonesia Masaki Yasushi dalam rangka mempererat silahturahmi dan kerja sama pencegahan kejahatan. 
 
Suyudi memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Jepang yang sudah memberikan dukungan dan bantuan teknologi dalam pencegahan kejahatan yang ada di Indonesia khususnya di wilayah hukum Polda Metro Jaya.
 
“Kami sangat terbantu khususnya kerja sama dalam program Japan International Cooperation Agency (JICA), semoga dapat terus terjalin kerjasamanya yang baik ke depannya," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, banyak pelajaran yang dapat diambil dari Kepolisian Jepang, khususnya dalam pencegahan kejahatan dan teknologi Jepang sangat mendukung dalam pelaksanaan tugas Polri.

Baca juga: Jepang berikan hibah untuk proyek mitigasi kemacetan
 
Suyudi juga menegaskan bahwa Polda Metro Jaya siap berkolaborasi dalam menciptakan keamanan, ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.
 
"Kami siap mendukung Pemerintah Jepang khususnya Kedubes Jepang yang baru dalam melaksanakan tugas. Semoga kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Jepang dapat terjalin dengan baik," katanya.
 
Dubes Jepang untuk Indonesia Masaki Yasushi mengucapkan terima kasih atas upaya Polda Metro Jaya dalam pengamanan warga negara Jepang yang berada di DKI Jakarta.
 
"Dari sekian banyak kantor dan restoran Jepang di Jakarta dan sekitarnya yang mana banyak WN Jepang bekerja di sana, selama saya menjabat sebagai duta besar belum pernah ada kasus atau kejadian menonjol," kata dubes yang bertugas di Indonesia sejak Februari 2024 tersebut.

Baca juga: Atasi macet, Dubes Jepang harapkan MRT membuat warga Jakarta lebih bahagia
 
Masaki mengungkapkan bahwa pihaknya meminta bantuan kepada Polri untuk terus memberikan perlindungan dan rasa aman bagi warga negaranya yang saat ini berada di Jakarta.
 
"Ada sekitar 16.000 WN Jepang yang ada di Jakarta, kami memohon bantuan Polri untuk terus memberikan pengamanan dan perlindungan terhadap WN kami," katanya.
 
Masaki juga berharap kerja sama antara Polri dan Polisi Jepang dalam upaya mencegah kejahatan mengawal dan menginvestigasi kasus-kasus yang menyangkut WN Jepang dapat dikomunikasikan dengan baik.
 
"Kegiatan POLMAS/JICA yang sudah terbangun selama ini dengan pemerintahan Indonesia saya harapkan dapat terus berlanjut kedepannya," katanya.

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024