kami menyalurkan pembiayaan ini kepada semua sektor sehingga berbagai kegiatan usaha di Aceh terus maju dan berkembang
Banda Aceh (ANTARA) - PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Regional Aceh mencatat penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) triwulan pertama 2024 sebesar Rp823 miliar atau 26 persen dari target tahun 2024 sebesar Rp3,1 triliun.

“BSI Aceh berkomitmen untuk berkontribusi untuk meningkatkan ekonomi di provinsi ini salah satunya adalah memaksimalkan penyaluran KUR tahun 2024 dan pembiayaan lainnya,” kata Retail Financing Business Deputy BSI Regional Aceh M Arif Gunawan di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan pembiayaan periode Januari-Maret 2024 disalurkan kepada 11.637 pelaku usaha yang bergerak pada berbagai sektor ekonomi terutama pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Ia menyebutkan untuk pembiayaan yang disalurkan triwulan pertama tersebut terdiri atas sektor perdagangan dengan jumlah pembiayaan yang disalurkan Rp396 miliar dengan 4.881 penerima manfaat, disusul pertanian, perburuan dan kehutanan Rp205 miliar dengan 3.839 nasabah dan jasa kemasyarakatan, sosial budaya, hiburan dan perorangan lainnya Rp82 miliar dengan 1.047 nasabah.

Kemudian sisanya tersebar di industri pengolahan, penyediaan akomodasi dan penyediaan makan minum, transportasi, pergudangan dan komunikasi, perikanan, jasa kesehatan dan kegiatan sosial, real estate, usaha persewaan dan perusahaan konstruksi dan jasa pendidikan.

Baca juga: BSI berkomitmen berikan layanan keuangan terbaik di Aceh

Baca juga: BSI menargetkan satu juta pengguna BSImobile di Aceh


Ia mengatakan program pembiayaan KUR bertujuan memberikan pilihan pembiayaan yang terjangkau bagi UMKM dalam mengembangkan usaha, menciptakan lapangan kerja dan merangsang pembangunan ekonomi.

Ia menyebutkan pembiayaan KUR pada tahun 2023 melebihi dari target yakni sebesar Rp3,5 triliun diberikan kepada 51.734 pelaku usaha yang tersebar di 23 kabupaten/kota di Aceh dari target Rp3 triliun.

“Insya Allah kami menyalurkan pembiayaan ini kepada semua sektor sehingga berbagai kegiatan usaha di Aceh terus maju dan berkembang serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

BSI Aceh berkomitmen menyediakan solusi keuangan inovatif, layanan pelanggan yang optimal, dan keterlibatan komunitas yang kuat serta menempatkan UMKM sebagai mitra terpercaya bagi wirausahawan yang mencari peluang untuk ekspansi bisnis.

Baca juga: BSI: Alokasi KUR untuk Aceh Rp3,1 triliun

Baca juga: Realisasi pembiayaan KUR di Aceh 2023 capai Rp3,5 triliun


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024