Tanjung Selor (ANTARA) - Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Kalimantan Utara (Kaltara) bersama warga Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan memeriahkan Hari Konsumen Nasional 2024 dengan kegiatan jalan santai dan pembagian hadiah atau doorprize menarik, terpusat di Lapangan Agatis.

“Kegiatan ini bukan hanya menjadi momen bergembira dan sehat, tetapi juga wadah penyampaian pesan pentingnya menjadi konsumen cerdas dan mendukung produk lokal,” kata Wakil Gubernur Kaltara, Yansen TP di Tanjung Selor, Selasa.

Wagub Yansen TP turut serta dalam kegiatan tersebut dan mengatakan, peran konsumen menjadi penting untuk menjaga keseimbangan pasar dan melindungi diri dari praktik-praktik yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga: Kemendag atur langkah strategis tingkatkan indeks keberdayaan konsumen

"Fenomena yang terjadi saat ini adalah transaksi antara konsumen dan pasar, bicara transaksi sangat ditentukan oleh perilaku kita semua," jelasnya.

Yansen TP juga menyebut aneka ragam potensi besar Kaltara harus dioptimalkan dan dikelola secara baik untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Ia pun mengingatkan dampak maraknya belanja online yang bisa mengancam konsumsi masyarakat dan mematikan usaha-usaha lokal.

"Belanja online, sadar tidak bahwa saat ini terjadi ancaman terhadap konsumsi masyarakat, berlomba-lomba kita semua menguasai teknologi tanpa sadar akibat belanja online, ada produksi macet, ada pasar yang tutup," ungkapnya.

Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat jeli melihat peluang dan potensi produk lokal Kaltara yang dapat dikonsumsi masyarakat.

Baca juga: Hari Pelanggan Nasional, Erick Thohir layani konsumen Kimia Farma

“Harus bisa melihat fenomena lapangan," ujarnya.

Ia pun memberikan motivasi kepada para pelaku UMKM dan pasar lokal untuk meningkatkan kualitas dan daya saing produk mereka.

"Mari saya pacu kita semua UMKM dan pelaku pasar, dari kita sendiri, kita tingkatkan kualitas hidup, kita kembangkan Kaltara salah satu cara dengan tingkatkan produksi lokal Kaltara," ujarnya.

Semarak Hari Konsumen Nasional di Kaltara tak hanya menjadi momen edukasi, tetapi juga menjadi ajang promosi bagi para pelaku UMKM lokal.

Di sela kegiatan, berbagai hadiah menarik dibagikan, termasuk voucher belanja bagi mereka yang berulang tahun di bulan Mei, hadiah bagi mereka yang bisa menjawab pertanyaan, dan doorprize utama setelah jalan santai.

Momen ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Kaltara untuk menjadi konsumen cerdas, mendukung produk lokal, dan bersama-sama membangun Kaltara yang lebih maju.

Baca juga: Kemenkop lindungi hak konsumen dengan jamin kualitas produk UMKM

Pewarta: Muh. Arfan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024