Penjajakan kerja sama itu memang kami harapkan menjadi kolaborasi yang baik antarperguruan tinggi
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Universitas Jember (Unej) Jawa Timur mencanangkan kuliah kerja nyata (KKN) tematik internasional untuk membantu pendidikan di Timor Leste.

Untuk itu, kerja sama dilakukan Unej dengan perguruan tinggi dari negara tetangga Universidade Dili Timor Leste dengan penandatanganan nota kesepakatan dan kesepahaman (MoU) dan penjajakan pelaksanaan KKN tematik internasional di Gedung Rektorat Unej, Senin.

"Penjajakan kerja sama itu memang kami harapkan menjadi kolaborasi yang baik antarperguruan tinggi," kata Wakil Rektor 4 Universidade Dili Timor Leste Arif Abdullah Sagran di Jember.

Apalagi jika dosen dan mahasiswa dari Universitas Jember dapat tinggal beberapa waktu di Dili untuk memberikan wawasan yang lebih luas kepada mahasiswa di sana melalui pelaksanaan KKN tematik internasional tahun 2024.

"Ada beberapa bidang yang sama digeluti oleh Unej dan Universidade Dili yaitu bidang kesehatan khususnya di asuhan keperawatan, karena kami memiliki program studi keperawatan gigi yang merupakan program studi satu-satunya di Timor Leste, tetapi studinya masih belum jenjang sarjana," tuturnya.

Baca juga: FT Unej raih medali emas Bridge Competition di Singapura

Baca juga: Unej semakin intensif kerja sama dengan perguruan tinggi di Jerman


Ia mengatakan pihaknya sangat senang dan membuka diri untuk belajar jika ada dosen atau mahasiswa kedokteran gigi dari Unej dapat melakukan KKN atau melakukan proyek di Dili.

"Meski Universidade Dili merupakan perguruan tinggi tertua di Timor Leste namun masih banyak hal yang harus disempurnakan sehingga perlu arahan dan masukan dari Universitas Jember sebagai perguruan tinggi yang lebih berpengalaman," katanya.

Sementara Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi Unej Prof. Bambang Kuswandi mengatakan pendidikan memang satu hal penting untuk membangun bangsa, apalagi kerja sama internasional itu merupakan suatu keharusan sekaligus tuntutan regulasi perguruan tinggi.

"Kami wajib melakukan kolaborasi dengan perguruan tinggi internasional dalam rangka memperkuat jejaring, khususnya dengan Universidade Dili," ujarnya.

Ia mengatakan Unej selalu membuka diri untuk melakukan jalinan kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi untuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Hubungan kerja sama antara Indonesia dan Timor Leste itu akan memberikan manfaat baik bagi kedua negara sebagai negara tetangga terdekat," katanya.

Baca juga: Pendaftar Universitas Jember jalur SNBT capai 32.833 siswa

Baca juga: UKM Kesenian Unej lestarikan kesenian tradisional musik patrol

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024