Palu (ANTARA) - Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah memperluas penempatan wilayah kuliah kerja nyata (KKN) mahasiswa perguruan tinggi negeri tersebut hingga ke Provinsi Gorontalo.

Ketua LP2M UIN Datokarama Dr Sahran Raden di Kota Palu, Senin, menyatakan pelaksanaan KKN di wilayah Provinsi Gorontalo dilaksanakan melalui program KKN kolaboratif yang melibatkan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo.

Baca juga: Pemprov Sulteng apresiasi UIN Datokarama tingkatkan kompetensi guru
 
"Program KKN kolaboratif ini dilaksanakan bersama antara kedua Perguruan Tinggi Islam Negeri. Bentuknya dilakukan pertukaran lokasi KKN," kata Sahran Raden.
 
Ia menerangkan melalui KKN kolaboratif, mahasiswa UIN Datokarama Palu ke depan akan melaksanakan KKN di wilayah hukum Provinsi Gorontalo. Sebaliknya, mahasiswa IAIN Sultan Amai Gorontalo melakukan KKN di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah.
 
"KKN kolaboratif ini menjadi satu bentuk kontribusi kedua perguruan tinggi Islam Negeri untuk percepatan pembangunan pemerintah daerah," ujarnya.
 
Sementara bagi mahasiswa, kata dia, hal ini sebagai wahana mempraktikkan ilmu yang sudah didapatkan di perguruan tinggi melalui program KKN kolaboratif.
 
Sahran Raden mengatakan LP2M UIN Datokarama memiliki program unggulan KKN yang didesain dalam bentuk KKN Tematik mencakup tiga klaster pengembangan.

Baca juga: Rektor UIN Datokarama: Penyaluran KIP Kuliah harus tepat sasaran

Baca juga: UIN Datokarama-Kemenag gelar doa bersama untuk Palestina
 
Tiga klaster tersebut adalah klaster moderasi beragama, klaster pelayanan publik dan klaster kewirausahaan. Program KKN unggulan ini dijadikan pembelajaran bagi IAIN Gorontalo yang bisa diadopsi, untuk diterapkan bagi mahasiswa IAIN Gorontalo
 
Ia mengatakan LP2M UIN Datokarama juga melakukan hilirisasi penelitian, pembinaan serta pengabdian kepada masyarakat melalui program KKN, yang dilakukan dalam berbagai bentuk kegiatan penelitian, seperti penelitian kolaboratif antar-dosen yang melibatkan dosen UIN Datokarama dan IAIN Gorontalo.

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024