Pekerjaan proyek MUT juga telah diselesaikan 100 persen
Jakarta (ANTARA) - Pembangunan dua proyek di Ibu Kota Nusantara (IKN) yaitu proyek Jalan Lingkar Sepaku Segmen 4 dan Multi-Utility Tunnel-01 (MUT) atau terowongan multi utilitas yang berada dibawah tanah telah rampung dipekerjakan.

SVP Corporate Secretary PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Ermy Puspa Yunita mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan pekerjaan 2 diantara 12 proyek di IKN. Dengan selesainya pekerjaan Jalan Lingkar Sepaku Segmen 4 sepanjang 4,45 km ini telah lengkap dukungan konektivitas jalan untuk menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

“Pekerjaan proyek MUT juga telah diselesaikan 100 persen. Terowongan ini dibangun di bawah permukaan tanah dan jalanan kota di mana semua kabel listrik, pipa-pipa atau jaringan optik dikumpulkan. dengan begitu IKN bebas kabel dan jaringan yang bergelantungan maupun ditanamkan di tanah yang tidak tertata dengan baik,” kata Ermy di Jakarta, Senin.

Dengan mengusung konsep Future Smart Forest City of Indonesia pembangunan IKN sangat memperhatikan aspek lingkungan demi keberlanjutan ekosistem alam.

Diperkirakan akan ada lebih dari 75 persen kawasan IKN yang merupakan ruang hijau, sedangkan 25 persen sisanya akan digunakan sebagai lahan pembangunan.

Sebagai informasi, saat ini Waskita mengerjakan 12 proyek IKN dengan total nilai kontrak mencapai Rp13,6 triliun dan untuk porsi perseroan sendiri sebesar Rp7,5 triliun.

Per 2 Mei 2024, progres 12 proyek IKN tersebut mengalami percepatan dari Januari lalu. Dengan rincian, Saluran Utilitas Terpadu (MUT) – 01 mencapai 100 persen, Jalan Logistik Lingkar Sepaku Segmen 4 mencapai 100 persen, Jalan Tol IKN Segmen 5A mencapai 84,45 persen.

Kemudian Sekretariat Presiden dan bangunan pendukung mencapai 80,99 persen, Jalan Feeder IKN mencapai 72,85 persen, Kementerian Koordinator 3 mencapai 64,14 persen.

Sedangkan progres pembangunan Kementerian Koordinator 4 mencapai 62,49 persen, Rumah Susun ASN 3 mencapai 33,40 persen, instalasi pengolahan air limbah (IPAL) 123 mencapai 27,09 persen, Jalan Nasional IKN Seksi 6C-1 mencapai 16,40 persen, Jalan Akses Bandara VVIP IKN mencapai 11,77 persen, dan Jalan Tol Segmen 3B-2 mencapai 5,70 persen.

Baca juga: Kepala Bappenas: Hak milik atas tanah dibolehkan di IKN
Baca juga: IKN sebagai katalis kunci mewujudkan Strategi Hidrogen Nasional

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024