Boyolali (ANTARA) - Asrama Haji Donohudan (AHD) Boyolali, Jawa Tengah, telah menyiapkan diri menyambut kedatangan jamaah calon haji asal Jateng dan D.I. Yogyakarta yang diberangkatkan melalui Embarkasi Solo, Bandara Adi Soemarmo, mulai 12 Mei hingga 9 Juni 2024.

Dalam persiapan menyambut calon haji yang akan masuk di AHD Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci, AHD sudah banyak melaksanakan perubahan dan perbaikan termasuk di antaranya, pemeliharaan gedung haji, fasilitas sarana-prasarana yang ada di asrama haji, kata Kepala Unit Pengelola AHD di Boyolali, Jateng, Dyah Sri Marwati, di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Senin.

Dyah Sri Marwati mengatakan untuk gedung-gedung yang nanti akan digunakan untuk pelayanan calon haji, sarana-prasarana sudah disiapkan lebih dari 95 persen. Artinya, pihaknya pada H-6 Pemberangkatan Ibadah Haji ini, sudah siap seluruhnya.   

Baca juga: Sebanyak 22 Kloter haji berangkat perdana pada 12 Mei 2024

Jamaah calon haji mulai masuk di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jateng, pada hari pertama tanggal 11 Mei 2024. Mereka akan berdatangan pada hari pertama sebanyak lima kloter yang dilayani pada hari pertama kedatangan di asrama termasuk kloter pertama, calon haji asal Kabupaten Temanggung, Jateng.

Pada pemberangkatan calon haji tahun sebelumnya dengan memberangkatkan sebanyak 95 kloter dan tahun ini, meningkat menjadi 100 kloter. Asumsinya untuk gedung Mekah sebanyak tiga lantai semua akan terisi calon haji.

"Jadi masing-masing lantai di Gedung Mekah Asrama Haji Donohudan dapat diisi jemaah calon haji sebanyak 385 orang. Jadi Gedung Mekah akan diisi sebanyak 1.155 orang. Kemudian, Gedung Madinah sebelumnya biasanya satu lantai untuk calon haji, satu lantai untuk Satgas, dan satu lantai untuk Panitia Haji Daerah (PHD) dan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).

Baca juga: Asrama Haji Indramayu diminta maksimal sambut jamaah haji 2024

Namun, kata dia, karena mendapat informasi dari Kanwil Kemenag Jateng bahwa calon haji yang akan masuk dalam kurun satu hari dan pada hari pertama sebanyak lima kloter. Untuk itu, pihaknya harus menyediakan dan mengutamakan calon haji. Lantai yang biasanya digunakan untuk Satgas akan digunakan jamaah calon haji.

"Jadi asumsinya untuk gedung Madinah dua lantai itu, khusus untuk calon haji dan satu lantai untuk PHD atau PPIH. Sedangkan, untuk Satgas haji akan disiapkan gedung lainnya, yakni Sava dan Balai Sava," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelola Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jateng H. Fitriyanto mengatakan jumlah calon haji asal Jateng dan D.I.Y yang bakal diberangkatkan melalui Embarkasi Solo (SOC), sebanyak 35.977 calon haji yang akan terbagi menjadi 100 kloter.

Calon haji kloter pertama mulai masuk asrama haji asal Temanggung sebanyak dua kloter dan Kabupaten Magelang sebanyak tiga kloter. Sehingga, total sebanyak lima kloter yang datang ke Asrama Haji Donohudan, hari pertama pada tanggal 11 Mei mendatang. Calon haji kelima kloter dijadwalkan diberangkatkan ke Tanah Suci, tanggal 12 Mei 2024.

Baca juga: Sebanyak 13 ribu calon haji Jabar berangkat dari Kertajati tahun 2024
Baca juga: Komisi VIII DPR ingatkan Kemenag pelayanan haji lansia harus maksimal



 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024