Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur, Sulsel mengirimkan bantuan pertama sebanyak 5 ton beras dan personel tim darurat bencana ke Kabupaten Luwu.

"Insyaa Allah bantuan pertama yang segera diturunkan yaitu tim personel tanggap bencana dan kebutuhan logistik masyarakat berupa beras 5 ton untuk disalurkan ke Kabupaten Luwu," kata Bupati Luwu Timur Budiman dalam keterangannya di terima di Makassar, Sabtu.

Budiman menjelaskan, untuk penyaluran bantuan selanjutnya akan difasilitasi oleh OPD lingkup Pemkab Lutim, instansi serta pihak terkait lainnya yang juga segera menyusul.

Bupati telah mengarahkan kepada seluruh OPD dan mitra terkait di Luwu Timur untuk segera berkoordinasi membantu penanganan musibah banjir dan menyalurkan bantuan.

Kepada para tim tanggap bencana, Budiman berpesan agar tetap menjaga kesehatan secara prima dan juga keselamatan saat membantu para warga yang sedang berduka di Luwu.

“Peran serta tim tanggap bencana nantinya akan sangat diharapkan sebagai bagian dari rasa kepedulian dan rasa empati kita kepada korban,” tuturnya.

Baca juga: Pj Gubernur dan Kapolda Sulsel pantau dampak banjir dari udara

Terakhir, Bupati Luwu Timur juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut serta dalam membantu penanganan bencana banjir di Kabupaten Luwu berupa bantuan makanan, pakaian layak pakai dan kebutuhan lainnya guna meringankan beban warga yang terdampak banjir di daerah tersebut.

Bantuan tersebut bisa disalurkan ke Posko penerimaan bantuan yang dipusatkan di Kantor BPBD Luwu Timur.

“Semoga dengan bantuan yang kita berikan dapat meringankan beban para korban dan menjadi amal jariyah kita nantinya. Mari bergerak bersama membantu saudara-saudara kita yang dilanda musibah di Kabupaten Luwu,” ujar Budiman.

Sebelumnya, Kabupaten Luwu mengalami banjir bandang dan tanah longsor pada Jumat dini hari. Sebanyak tujuh warga dinyatakan meninggal dunia atas kejadian tersebut.

Baca juga: Sekitar 3.000 warga Latimojong, Luwu terisolasi akibat jembatan putus

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024